Polres Kotawaringin Timur yang Pilih Kasih

95 gatis

Gatis Sansyah

Tindakan Kepolisian Resor (Polres) Kotawaringin Timur menangkap dan memproses Hendra Jaya Pratama dan Misnanto, dua orang aktivis Lembaga Swadaya Rakyat (LSR), adalah tindakan pilih kasih dan tidak berdasarkan rasa keadilan yang selau menjadi dambaan masyarakat.

Dua aktivis tersebut dipersangkakan melakukan pemerasan, sementara Purwanto, pengusaha yang patut diduga melakukan penimbunan BBM secara illegal, tetap saja dapat tersenyum lebar, bebas dari segala proses hukum yang berlaku.

Tindakan yang dipamerkan oleh Kepolisian Resor Kotawaringin Timur ini, sungguh memamerkan ketidakprofesionalan polisi dalam menangani kasus secara komprehensif.

Jika memang dua aktivis tersebut, ditangani secara hukum, polisi sudah sewajibnya melakukan pengembangan penyidikannya kepada Purwanto, saksi pelapor, karena dia pautu diduga pula melakukan bisnisnya secara illegal, karena tidak dilengkapi dengan perizinan yang lengkap.

Hendra Jaya Pratama dan Misnanto telah diproses sesuai dengan hukum yang berlaku, maka jangan biarkan Purwanto bagaikan orang yang kebal hukum.

Dengan alasan menegakkan hukum positif, aparat hukum begitu cepat dan tangkas menjerat si miskin. Hukum  terasa kaku, kejam, dan menakutkan bagi rakyat kecil. Namun sebaliknya, jika menyangkut orang yang berduit. Hukum tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas.

Azas persamaan di depan hukum (equality before the law), wajib diterapkan oleh aparat penegak hukum –dalam hal ini Kepolisian Resor Kotawaringin Timur- jika tak ingin mendapatkan apresiasi dari warga masyarakat dan jika ingin tetap berwibawa sebagai penegak hukum.

Dan kami yakin, Bapak Kapolri Jenderal Badrotin Haiti yang baru saja dinatik oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo, sangat setuju jika jajaran Kepolisian Republik Indonesia tercinta ini, dihormati oleh seluruh lapisan Warga Negara Republik Indonesia.

GATIS SANSYAH adalah Ketua Lembaga Swadaya Rakyat Laskar Pembela Masyarakat Tertindas (LSR-LPMT) Palangka Raya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s