Jurnalistik

Kewartawanan atau Jurnalisme (berasal dari kata journal), artinya catatan harian, atau catatan mengenai kejadian sehari-hari, atau bisa juga berarti suratkabar. Journal berasal dari istilah bahasa Latin “diurnalis”, yaitu orang yang melakukan pekerjaan jurnalistik.

Di Indonesia, istilah “jurnalistik” dulu dikenal dengan “publisistik”. Dua istilah ini tadinya biasa dipertukarkan, hanya berbeda asalnya. Beberapa kampus di Indonesia sempat menggunakannya karena berkiblat kepada Eropa. Seiring waktu, istilah jurnalistik muncul dari Amerika Serikat dan menggantikan publisistik dengan jurnalistik. (wikipedia)

Di bawah ini, kami sajikan beberapa pengetahuan sederhana dan praktis – yang terus akan kami tambah – terkait dengan kewartawanan yang kami sunting dari beberapa sumber :

4 thoughts on “Jurnalistik

  1. Satu lagi tumbang setelah sy baca STOP PRESS Salut untuk Pimred. apalagi yg kena temen Lumajang, makanya saya menghimbau kepada Pimred agar calon wartawan yg ingin masuk di Tb.Sergab diteliti dulu khususnya dari Lumajang dan sekitar. karena di Lumajang banyak bodreknya yg ujung-ujungnya melakukan pengepresan.matur nuwun

    • Kami berusaha untuk menyeleksinya seketat mungkin, dan mengawasinya dalam bertugas. Jika anda mengetahui wartawan kami yang melakukan pelanggaran kode etik jurnalistik, kami harap untuk melaporkan kepada kami melalui nomor : 08123286459
      Pers adalah milik masyarakat, maka peran serta masyarakat untuk mengawasinya sangat diperlukan. Teima kasih atas perhatiannya.

    • Sdr Cucuk Hermawan, SH terima kasih atas perhatiannya. Wilayah Lumajang masih kami bekukan dulu, dalam rangka pembenahan. Dalam waktu dekat segera kami pulihkan kembali. Berita lama masih bisa dibaca dengan mengklik “baloon” yang ada di sisi kanan bawah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s