SMP Negeri 1 Tugu Trenggalek, Berstandar Nasional Sejak 2008

“Unggul dalam mutu, beriman, terdidik dan berbudaya”

“Unggul dalam mutu, beriman, terdidik dan berbudaya”

SEKOLAH Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN 1) Tugu berlokasi di Jalan Raya Trenggalek-Ponorogo. Sesuai dengan namanya, lembaga pendidikan ini adalah yang pertama yang didirikan di Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek.

Seadangkan Kecamatan Tugu merupakan kecamatan paling barat di Kabupaten Trenggalek. Kecamatan ini di sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Trenggalek dan Kecamatan Karangan, Sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan Pule dan Panggul, di sebelah barat dan utara berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo.

Dalam perkembangannya kemudian, SMPN 1 Tugu tercatat sebagai Sekolah Berstandar Nasional (SSN) sejak 25 Agustus 2008, terkait dengan setiap tahunnya selalu menunjukkan peningkatan-peningkatan berbagai bidang, baik akademik maupun non akademik.

Saat ini, SMPN 1 Tugu mempunyai 24 ruang belajar yang mempunyai daya tampung 768  siswa. dengan sarana prasarana dan fasilitas pendidikan standar minimal terpenuhi  dan memadai sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dengan demikian maka penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun yang bermutu dapat tercapai secara maksimal.

Siswa di Lab Komputer dan koleksi piala bukti beragam prestasi

Siswa di Laboratorium Komputer dan koleksi piala bukti beragamnya prestasi

Menejemen sekolah yang dipimpin oleh Kepala Sekolah Drs. Bambang Sutondo Winarno, M.Pd akan terus berupaya meningkatkan standar proses pendidikan dalam bentuk pembelajaran dan bimbingan secara efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan.

“Dengan dukungan dari seluruh warga sekolah, maka kami optimis dapat secara terus-menerus dan berkelanjutan dapat meningkatkan prestasi dan mutu sekolah”, kata kepala sekolah saat ditemui di ruang kerjanya.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa dalam program pengembangan SSN sebagai upaya mewujudkan visi sekolah yaitu “Unggul dalam mutu, beriman, terdidik dan berbudaya”, maka sekolah  menyediakan sarana untuk mendukung belajar siswa diantaranya : Lingkungan  Belajar yang kondusif; Ruang kelas dengan white board; Perpustakaan; Laboratorium Komputer; Laboratorium IPA; Lab. Bahasa (dalam penyelesaian); Ruang Multimedia; UKS; Buku paket dan BSE; VCD pembelajaran interaktif; Hot-spot wifi; Sarana ibadah, dsb.

Drs. Bambang Sutondo Winarno, M.Pd

Drs. Bambang Sutondo Winarno, M.Pd

Sedangkan untuk, meningkatkan standar kelulusan, dilakukan dengan mengadakan pelajaran tambahan mata pelajaran Ujian Nasional (UN) untuk kelas IX dan try out Ujian Nasional .

Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan prestasi siswa-siswinya, sekolah menjalin kerjasama  dengan wali murid dengan membentuk “Paguyuban Kelas Khusus Siswa Berprestasi” yang dibentuk pada awal tahun pelajaran baru.

Tujuan paguyuban ini adalah :

1). Membetuk kelas yang peserta didiknya siswa yang memiliki kompetensi akademik yang baik. 2). Membentuk kelas yang memiliki fasilitas pembelajaran yang optimal. 3). Mengoptimalkan potensi akademik sehingga mencapai prestasi yang unggul dengan tambahan jam pelajaran untuk bimbingan khusus. 4). Menjalin kerja sama dengan warga sekolah dalam program peningkatan mutu pendidikan

Selanjutnya, untuk meningkatkan life skillnya siswa SMP N1 Tugu melakukan berbagai program pengembangan diri yang meliputi antara lain : Kegiatan Keagamaan, Seni musik, Paduan Suara, Inglish fun, Karya Ilmiah Remaja (KIR), Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka, Elektronika, Bola Voli, Seni Tari, Patroli Kemanan Sekolah (PKS) dan Drum Band.

Para guru SMP Negeri 1 Tugu Trenggalek

Para guru SMP Negeri 1 Tugu Trenggalek

Berbagai upaya tersebut membuahkan pula beraneka ragam prestasi di antaranya : Juara 1 Siswa Teladan Tingkat Kabupaten; Juara 2 Olimpiade Matematika Tingkat Kabupaten; Juara 2 lomba Bahasa Inggris Tingkat Kabupaten; Juara 1 OSN Matematika Tingkat Kabupaten; Juara 3 OSN Matematika Tingkat Propinsi ; Juara 1 Pencak Silat Tingkat Kabupaten; Juara 1 Bola Volly Putra Tingkat Kabupaten; Juara 1 Lompat jauh Tingkat Kabupaten; Juara 1 Tolak Peluru Tingkat Kabupaten; Juara 2 Lomba Mocopat Tingkat Kabupaten; Juara umum  Lokagampil Tingkat Kabupaten; Juara 2 Kebersihan Sekolah Tingkat Kabupaten dan mulai tahun 2007  s.d 2012 juara 1 Pencak Silat mewakili Kabupaten Trenggalek ke provinsi.

Ini semua sudah cukup sebagai bukti bahwa siswa SMPN 1 Tugu tidak hanya unggul dalam bidang akademik tetapi juga dalam bidang non akademik. (yud-adv)

Iklan

2 thoughts on “SMP Negeri 1 Tugu Trenggalek, Berstandar Nasional Sejak 2008

  1. Di sini profil sekolahnya koq kurang jelas ya. Misal berapa luasnya, kapan berdirinya, rombongan belajar, berapa gurunya, perpusnya bgmn, dan banyak lagi

    (Pak Nir Purwanto masih ngasto di sini?)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s