SMKN 3 Kota Blitar, Go International

Drs. Sugiyadi, M.Pd

Drs. Sugiyadi, M.Pd

Blitar (Sergap) – SMK Negeri 3 Kota Blitar menggelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) pada Kamis, 27 Pebruari 2014 yang lalu. UKK merupakan ujian praktek bagi seluruh siswa peserta kelas XII menjelang Ujian Nasional (Unas).

Sekolah kejuruan yang berlokasi di Jalan Sudanco Soepriadi 24 Kota Blitar ini memiliki 1.370 siswa, dengan 48 rombongan belajar, 106 guru dan 29 karyawan. Mengelola 6 program keahlian yang telah teruji dengan berbagai prestasi, misalnya Busana Butik, Jasa Boga, Despro Kriya Kayu, Patiseri, Kecantikan Rambut dan Akomodasi Perhotelan.

Dengan visi sekolah Menjadi Sekolah Unggul dan misi Mengembangkan Sekolah Berwawasan Lingkungan yang Hijau dan Bersih; Sistem Manajemen Sekolah dengan Pelayanan Prima, Pembelajaran Berbasis Kompetensi yang Berkarakter; Pencapaian Prestasi Akademik dan Non Akademik; Kerjasama dengan Masyarakat Industri Dalam dan Luar Negeri; Bursa Kerja dan Penelusuran Tamatan serta Mewujudkan Sekolah Lembaga Sertifikasi Profesi (LPS).

SMKN 3 Kta Blitar, saat ini juga berpartner dengan Thailand dan Malaysia sebagai tempat latihan Praktek Kerja Industri (Prakerin) dan pertukaran pelajar dan guru.

Fashion show menampilkan design para siswa

Fashion show menampilkan design para siswa

Dalam gelar karya ini ditampilkan hasil UKK dari seluruh program keahlian. Program Keahlian Jasa Boga menampilkan satu set makanan Indonesia, yang terdiri atas hidangan pembuka, utama dan penutup yang disajikan dengan display yang menarik. Program Keahlian Busana Butik menampilkan Fashion Show hasil desain para siswa uji praktek. Program Patiseri menghidangkan satu set kue tradisional yang dibuat dari bahan tepung beras, tepung ketan dan umbi-umbian. Program keahlian lain seperti akomodasi perhotelan, desain dan produksi kriya kayu dan kecantikan rambut memamerkan hasil karyanya yang di display di masing-masing kelas.

Salah satu design pakaian adi busana karya siwa

Salah satu design pakaian adi busana karya siwa

“Kami bersyukur dari tahun-ketahun semakin berkualitas, sekolah juga terus berbenah dalam sarana dan prasarana, sehingga menunjang skill siswa untuk benar-benar siap terjun di dunia kerja,” kata Kepala SMKN 3 Kota Blitar Drs. Sugiyadi, M.Pd.

Selain berorientasi pada mutu pendidikan, SMKN 3 Kota Blitar juga mendidik siswa menjadi tenaga terampil yang profesional sehingga mampu mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan dunia industri saat ini. “Kami juga mendidik siswa agar kelak mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri, namun juga siap menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi,” jelas kepala sekolah.

UKK yang dilaksanakan tanggal 20-28 Pebruari 2014 telah membuktikan bahwa siswa SMKN Kejuruan favorit ini mampu menghasilkan karya yang sesuai dengan perkembangan industri.

UKK diawali dengan Prakerin yang menggandeng perusahaan terkemuka, juga memberangkatkan 3 siswa dan 1 guru pendamping dari Akademi Perhotelan, Enzui Arrokhim, S.St.Par untuk pertukaran pelajar dan guru ke Phuket Vocational College, Thailand.

“Untuk prestasi mulai dari tingkat Kota Blitar dan Jawa Timur, Insya Allah siswa telah berhasil meraihnya,” terang bapak berputra dua ini dengan senyum khasnya.

SMKN 3 Kota Blitar juga mulai mengembangkan hotel yang digunakan untuk praktek atau laboratorium bagi siswa akomodasi perhotelan dengan dibimbing tenaga profesional.

Karya Kriya Kayu siswa SMKN3 Kota Blitar

Karya Kriya Kayu siswa SMKN3 Kota Blitar

Drs. Sugiyadi M.Pd mengucapkan terimakasih kepada Walikota Blitar Muh. Samanhudi Anwar SH, karena dengan program APBD pro Rakyat yang menggratiskan pendidikan di Kota Blitar. “UKK dan ujian lainnya gratis, sehingga para siswa lebih dapat berkonsentrasi pada pelajaran”, katanya kepada Tabloid Sergap.

Kepala Dikda Drs.Santoso M.Pd yang hadir di acara, mengungkapkan rasa apresiasinya terhadap kemajuan SMKN 3 Kota Blitar. Dia berharap para lulusan tidak hanya siap untuk menyonsong dunia kerja dan industri tapi juga terlatih berwirausaha. “Kemampuan dan keterampilan sudah sangat siap untuk bekal terjun di masyarakat. Ini bukti bahwa SMK Bisa,” kata Kadikda.

Selain Kadikda, tampak hadir Kepala Kominfopar Wikandrio, SH, Ketua Dewan Pendidikan, Dwi Sukartowo SE, MM, Ketua PHRI, Anwar Sani, para kepala SMK dan SMP se-Kota Blitar. (oke/adv)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s