GMNI Lumajang Bedah Buku “Membangkitkan Majapahit Timur”

gmni bedah buku oke

Suasana bedah buku “Membangkitkan Majapahit Timur”, Kisah Perjuangan Tiada Henti Menyelamatkan Peradaban Nusantara, karya Mansyur Hidayat. Ketua DPC GMNI Lumajang, Ade Irawan (insert)

Lumajang (Sergap) – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Lumajang menyelenggarakan bedah buku berjudul “Membangkitkan Majapahit Timur”, Kisah Perjuangan Tiada Henti Menyelamatkan Peradaban Nusantara, karya Mansyur Hidayat, S.S., M.M,  Selasa (19/12/2017).

Bedah buku yang digelar di Gedung Guru ini menghadirkan penulis Mansyur Hidayat, S.S., M.M dan 2 pembanding yang kompeten di bidang sejarah yakni Drs. Muzakir Dwi Cahyono, M. Hum, serta Arkeolog/Dosen Sejarah Universitas Negeri Malang (UM) dan Slamat Trisila, S.S Sejarawan/Penerbit Pustaka Larasan Bali.

Bedah buku ini dihadiri kurang lebih 105 peserta yang terdiri dari PA GMNI, PA GSNI, GSNI, DPC GMNI Jember, DPC GMNI Probolinggo, DPK GMNI Universitas Negeri Malang (UM), Guru Sejarah, Komunitas Batara Sapta Prabu, Dewan Juang Advokasi Cagar Budaya Se-Tapal Kuda (Dang Acarya), BEM Se-Lumajang, PMII, Ketua Parpol dan masyarakat umum.

Samsul Akhmad Munir, Ketua Panitia mengatakan buku karya Mansyur Hidayat ini merupakan kisah perjuangan LSM Masyarakat Peduli Peninggalan Majapahit  (MPPM) Timur, bersama mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Mahasiswa Peduli Lumajang (KMPL). “Ini merupakan karya yang mengisahkan perjuangan LSM MPPM Timur dan KMPL yang terus berjuang mengawal pelestarian Situs Biting,” ungkapnya.

Sementara itu, Adi Irawan Ketua DPC GMNI Lumajang dalam sambutannya mengajak generasi muda untuk selalu gemar membaca dan menulis. Membaca dapat memperluas wawasan dan dapat mengubah pola pikir terhadap perkembangan dan ide-ide baru.  “Dengan bedah buku ini diharapkan generasi muda untuk terus giat membaca kemudian berlatih untuk menulis sehingga nantinya bisa menghasilkan sebuah buku, ” terang mahasiswa pertanian tersebut.

Di sela-sela acara bedah buku ini, ada persembahan pembacaan puisi dari Kartini Ayu (Penyair), Manik (GSNI Lumajang) dan Samsudin Nabila (Jurnalis yg juga moderator acara tsb).

Mansyur Hidayat, sangat bersyukur bisa menerbitkan buku kisah perjuangan LSM MPPM Timur dan KMPL dalam upaya pelestarian Situs Biting, karena Situs Biting merupakan sebuah situs bersejarah yang sangat penting bagi Kabupaten Lumajang.

Laporan : Joko Riyanto – Editing : Tkr

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s