DPRD : Pemkot Kediri Harus Menunda Penggusuran Warga RW 5 Semampir

hearing-05-5-oke

Suasana hearing di DPRD Kota Kediri. Tampak mempimpin hearing Ketua Komisi A Harianto, sebelah kirinya Sekkota Budwi Sunu Herlambang dan Kepala Dinsosnaker Dewi Sartika. (sur)

Kediri (Sergap) – Akhirnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kediri memutuskan secara tegas, bahwa  penggusuran terhadap Warga RW 5 Kelurahan Semampir ditunda, sampai dengan ada putusan hukum berkekuatan tetap dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jatim maupun Pengadilan Negeri (PN) Kota Kediri.

Keputusan rapat dengar pendapat (hearing) hari Senin (05/12/2016) ini, dipimpin oleh Ketua Komisi A, Harianto ini dihadiri oleh pihak eksekutif, Sekkota Budwi Sunu Herlambang, Kabag Hukum Maria Karangora, serta Kepala Dinsosnaker Kota Kediri Dewi Sartika.

Hearing ini merupakan pemenuhan janji wakil rakyat, yang akan melakukan hearing sebelum tanggal dilaksanakannya penggusuran, yaitu 10 Desember 2016. Bahkan pada Jumat (02/12/2012) itu, Ketua DPRD Kholifi Yunon mengatakan akan memanggil langsung Walikota Kediri,  Abdullah Abubakar. (baca : Dilapori Warga RW 5 Semampir, Dewan Akan Panggil Walikota).

Ada 4 poin keputusan hearing, pertama penutupan praktek prostitusi mutlak dilakukan, dan jika ada yang melakukan prostitusi akan ditindak tegas. Kedua, Pemkot harus menunda penggusuran hingga poses hukum selesai dan memiliki kekuatan hukum tetap. Ketiga DPRD akan meninjau lokasi yang menjadi persoalan untuk melakukan pemetaan. “Yang keempat, jika tetap dilakukan penggusuran oleh Pemkot, harus dibentuk panitia khusus. Keputusan Ini dilandatangani oleh anggota Komisi A dan B serta Wakil Ketua Gus Muid.”kata Nurudin Hasan, Ketua Komisi B yang membacakan keputusan.

Keputusan dewan ini, disambut gembira oleh warga yang ikut hadir di gedung dewan. Selanjutnya seluruh anggota Komisi A dan Komisi B melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Eks lokalisasi. Lokasi yang disidak di antaranya SHP 52, 50 dan SHP 17. Terlihat bendera Merah Putih yang dikibarkan setengah siang, telah diturunkan oleh Warga RW 5 Kelurahan Semampir.

Usai hearing, Sekkota Budwi Sunu, Kabag Hukum Maria Karangora, serta Kepala Dinsosnaker Kota Kediri Dewi Sartika, memilih untuk tidak berkomentar terhadap keputusan wakil rakyat Kota Kediri ini.

hearing-05-6

Sebelum hearing warga RW 5 Kelurahan Semampir berunjuk rasa menyampaikan aspirasinya. (sur)

Sebelumnya, Warga 5 Kelurahan Semampir juga sempat melakukan unjuk rasa menumpahkan keresahannya, sebagai warga negara yang telah tinggal berkeluarga dan beranak cucu selama lebih dari 20 tahun, di lingkungan RW 5 Kelurahan Semampir. (sur/tekaer)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s