Dewan Akan Panggil KPU dan Panwas Kabupaten Kediri

dialog Komisi A oke

Suasana tertib dalam dialog Komisi A DPRD Kabupaten Kediri dengan Perwakilan Aloka, Selasa 16 Februari 2016

Kediri (Sergap) – Menepati janjinya kepada Aliansi LSM dan Ormas Kabupaten Kediri (Aloka), maka Komisi A DPRD Kabupaten Kediri, bertemu dan berdialog dengan perwakilan Aloka, Selasa (16/02/2016) siang di ruang Komisi A, komisi yang membidangi hukum di DPRD Kabupaten Kediri.

Walaupun hanya 2 orang saja Komisi A yang “berani” menemui, namun sikap Komisi A yang diwakili oleh Ketuanya Edy Suprapto dari Partai Gerindra dan Kuswanto dari Partai Golkar secara tegas mengatakan akan memanggil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri dan Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Panwaslih) Kabupaten Kediri.

“Berdasarkan laporan dari teman-teman, Komisi A akan memanggil KPU dan Panwaslih untuk rapat dengar pendapat. Jadwalnya secepatnya akan kami konsultasikan dengan unsur pimpinan,” kata Edy Suprapto disambut tepuk tangan semua yang hadir.

Edy Suprapto mengaku belum tahu segala permasalahan yang timbul dalam persiapan maupun pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kediri 2015. “Beri kita laporan dan masukkan, maka akan kita bahas sesuai dengan mekanisme yang ada,” katanya menjelaskan.

Ketua Komisi A ini juga sangat berharap, masukan dan laporan tersebut diwujudkan dalam bentuk tertulis sehingga Komis A dapat menindaklanjutinya. “Kita juga dengar adanya penyimpangan pengadaan Alat Peraga Kampanye, namun tidak ada laporan tertulis yang masuk dari masyarakat,” kata Edy lebih lanjut.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari Komisi A yang sehari sebelumnya, bertemu secara tidak resmi dengan perwakilan Aloka yang saat itu gagal bertemu unsur pimpinan DPRD Kabupaten Kediri. (baca : Akhirnya, Kantor DPRD Kabupaten Kediri Disegel Rakyat).

Agustianto, salah satu perwakilan berharap Komisi A DPRD Kabupaten Kediri, akan proaktif dalam menanggapi laporan masyarakat. “Melakukan pengawasan adalah tugas DPRD, bukan tugas kami. Setelah kami laporkan, kami berharap segera ditindak lanjuti, karena ini adalah kepentingan masyarakat banyak,” kata Agus menegaskan.

Mantan Koordinator Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Kecamatan Plosoklaten ini, berharap DPRD bisa memberi teladan untuk bekerja dengan tertib, sesuai aturan yang berlaku. “Tugas DPRD adalah tertib dalam bekerja, salah satunya menampung aspirasi rakyat dan melakukan pengawasan. Jika mereka tidak tertib, jangan salahkan jika kami juga tidak tertib,”kata Agus menambahkan.

Masih dalam dialog dengan Komisi A, Khoirul Anam Ketua LSM Komite Rakyat Untuk Demokrasi dan Reformasi mengancam akan melaporkan ke Badan Kehormatan Dewan (BKD) para anggota dewan yang tak beretika karena menyepelekan aspirasi rakyat.

“Mereka itu wakil rakyat dan digaji dengan uang rakyat. Maka ketika mereka menganggap enteng aspirasi rakyat, akan kami laporkan ke BKD,” kata Anam yang dikenal bergaya bicara ceplas-celos ini.

Menutup pertemuan, Ketua Komisi A membacakan kesimpulan yang pada pokoknya berjanji akan memperjuangan aspirasi LSM dan Ormas yang tergabung dalam Aloka ini. “Komisi A akan memperjuangkan aspirasi teman-teman. Silahkan dipantau prosesnya, bisa melalui saya sebagai Ketua Komisi A,” kata Edy Suprapto sebelum menutup pertemuan. (Tkr)

One thought on “Dewan Akan Panggil KPU dan Panwas Kabupaten Kediri

  1. Ping-balik: Diduga Menyalahgunakan Jabatan, Pimpinan DPRD Dilaporkan ke Kejaksaan | TABLOID SERGAP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s