Merayakan Imlek Tidak Harus Mewah

imlek-2016-mataharimall

Imlek tahun ini dirayakan di Tahun Kera

Magetan (Sergap) – Pengurus Klenteng Hui Ming Myao Magetan, Tony Wijaya mengimbau masyrakat yang merayakan Tahun Baru Imlek 2.567 di Klenteng Hui Ming Myao Magetan, Jawa Timur untuk merayakannya dengan sederhana. “Kami merayakan Imlek dengan sederhana. Menurut saya, perayaan Imlek tidak harus mewah. Kami juga sudah mengimbau kepada umat untuk melakukan itu,” ujar Tony kepada wartawan, Senin (08/02/2016).

Menurut dia, perayaan Imlek dimulai saat umat bersembahyang bersama keluarga di Klenteng yang dilakukan pada malam jelang hari perayaan Imlek. Saat sembahyang itu, umat mendoakan leluhurnya dan juga kehidupan pribadi serta keluarganya.

Imlek tahun ini merupakan Tahun Kera, diharapkan dapat membawa kehidupan yang lebih berkah bagi keluaga masing-masing dan bangsa Indonesia. “Kera sebagai simbol kelincahan dan cepat, diharapkan menjadi lambang pengambilan keputusan yang tepat dan cepat dalam situasi tertentu yang dihadapi kelurga ataupun bangsa ini,” kata dia.

Ia menjelaskan, meski dirayakan dalam situasi yang sederhana, perayaan Imlek di Klenteng Magetan tetap berlangsung khidmat. Untuk jumlah, penganut Konghucu yang merayakan Imlek di Magetan memang tergolong sedikit.

Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi makna perayaan. Selain itu, banyak warga Tionghoa yang merayakan imlek di luar Magetan seperti di Klenteng Madiun atauapun Tuban.

Tony menambahkan, persiapan untuk menyambut Imlek telah dilakukan sejak beberapa hari sebelumnya. Di antaranya membersihkan lingkungan klenteng, membersihkan patung-patung dewa yang ada di klenteng, dan lain sebagainya.

Pihaknya berharap, pada tahun baru Imlek kali ini, kehidupan bangsa Indonesia dapat lebih baik dari sebelumnya. Di antaranya dengan mengajak seluruh umat ikut menjaga kedamaian di negeri ini dengan melakukan kebaikan dengan sesama meski berbeda kepentingan.

Sementara, meskipun dilaksanakan secara sederhana, perayaan Imlek di Magetan tetap mendapat penjagaan ketat oleh personel Polres Magetan dan Kodim Magetan. Sehingga, perayaan Imlek berjalan lancar dan aman. (HS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s