Aktivitas Gunung Bromo Semakin Meningkat

gambar-gunung-bromo-letusan-gunung-bromo

Asap tebal keluar dari kaldera Gunung Bromo (foto : bromotravelindo)

Probolinggo (Sergap) – Asap Gunung Bromo dilaporkan tampak semakin pekat dan abu vulkanisnya kini mengarah ke wilayah perbatasan Probolinggo-Pasuruan. Pantauan erupsi Gunung Bromo pada Kamis 10 Desember di Probolinggo terpantau ada peningkatan. Asap kelabu pekat membawa material abu vulkanis mengarah ke barat dan mengguyur wilayah perbatasan Probolinggo ke arah Pasuruan.

Menurut pengamatan Kepala Pos Pantau Gunung Bromo, Ahmad Subhan, erupsi di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, semakin meningkat. Asap tebal kelabu yang membawa material abu vulkanis membumbung tinggi sekira 300 meter mengarah ke perbatasan Probolinggo-Pasuruan.

“Asap pekat tinggi terus mengguyur wilayah tersebut, gempa tremor masih terus terjadi antara 3-27 milimeter, dominan 6 milimeter. Namun, tidak terdengar gemuruh,” ungkap Subhan, Kamis (10/12/2015).

Dia menambahkan, cuaca di sekitar Gunung Bromo terlihat cerah dengan suhu mencapai 12 derajat Celsius. “Tidak terdengarnya suara gemuruh berarti tenaga yang dikeluarkan dari dalam gunung terlepas dan tidak ada penyumbatan,” terangnya.

Subhan mengimbau warga terdekat Gunung Bromo di Probolinggo diimbau hati-hati dan selalu memakai masker karena pada malam hari abu vulkanis tipis terdeteksi di wilayah tersebut. “Bila angin mengarah ke timur laut dipastikan tiga desa terdekat Gunung Bromo, seperti Desa Ngadisari, Desa Jetak, dan Desa Ngadirejo, akan terguyur abu vulkanis erupsi Gunung Bromo,” pungkasnya.

Sementara itu, Bandara Abdulrachman Saleh Malang ditutup akibat abu vulkanik erupsi Gunung Bromo. Otoritas bandara setempat menerima peringatan untuk menutup bandara dan membatalkan semua penerbangan sejak pukul 09:30 WIB Jumat, 11 Desember 2015 hingga Sabtu, 12 Desember 2015 pukul 09:30 WIB.

“Sebelum Notam masuk, dua penerbangan dari Jakarta sudah mendarat tepat waktu. Tujuh berikutnya terpaksa dibatalkan,” kata Kepala UPT Bandara Abdulrachman Saleh Malang Suharno, Jumat (11/12/2015). “Hujan abu berpotensi mengganggu penerbangan,” katanya menambahkan.

Tercatat ada 7 penerbangan lain yang dibatalkan memiliki rute Malang-Jakarta dan satu penerbangan Malang-Bali. Penutupan ini adalah yang pertama sejak Bromo erupsi dan naik status menjadi Siaga pada tanggal 4 Desember 2015.

Ada lima maskapai yang beroperasi di Bandara Abdulrachman Saleh Malang, yaitu Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Citilink, Batik Air, dengan rute Malang-Jakarta dan Wings Air dengan rute Malang-Bali.

Maskapai memberlakukan tiga kebijakan berbeda. Pilihannya adalah pengalihan penerbangan lewat Surabaya, pengembalian tiket dan penjadwalan penerbangan ulang untuk Sabtu 12 Desember 2015. (ivan/en)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s