Pendukung Ujang-Janawi Terus Demo KPU

relawan-UJ3

Pendukung pasangan calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Kalteng, Ujang-Jawawi saat berunjuk rasa di depan KPU Senin (23/11/2015)

Palangkaraya (Sergap) – Unjuk rasa massa pendukung Ujang-Jawawi (UJ) di kantor KPU Kalimantan Selatan, terus berlangsung. Para demonstran akan mengancam menduduki Kantor KPU sampai jagoan mereka pasangan UJ dikembalikan sebagai peserta dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2015.

Dalam orasinya massa akan mengancam akan datang dengan jumlah yang lebih banyak dan akan membuat Kalteng tidak kondusif, apabila tuntutan mereka tidak dipenuhi oleh KPU. ‘’Kami minta UJ tetap menjadi Pasangan Calon lagi. “Kami meminta agar KPU RI menarik kembali surat Nomor 196/KPTS/2015 tentang pembatalan pasangan Ujang-Jawawi menjadi calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Kalteng periode 2016-2021,” kata Setiawan, koordinator Relawan UJ, Rabu (25/11/2015).

Menurut dia, selama ini KPU RI tidak tegas dan telah melakukan pembiaran terhadap proses tahapan yang berjalan, karena tidak dari sejak awal KPU RI mengambil sikap menggugurkan pasangan calon kalau sekiranya bermasalah.

Dengan dibatalkannya pasangan Ujang-Jawawi sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalteng ini, menimbulkan kerugian material dan inmaterial serta berdampak pada psikologis bagi calon khususnya

Setiawan mengingatkan, pembatalan Pasangan UJ akan membuat situasi di beberapa Wilayah Kalteng semakin memanas. ‘”Intinya kami sangat serius dalam melakukan aksi demo dan merasa khawatir dengan keamanan Kalteng. Situasi saat ini sangat memanas,’’ kata Setiawan menambahkan.

Unjuk rasa yang berlangsung di depan kantor KPU setempat dijaga ketat aparat kepolisian Polres dan tujuh orang perwakilan pengunjuk rasa diterima di ruang KPU. Setiawan juga meminta kepada pihak Kepolisian melakukan pengawalan yang sangat ketat. “Kami disini mengadaan aksi damai dan kami bukan teroris yang membuat rusuh,’’ tukasnya.

Sementara itu, Kapolres Palangkaraya, AKBP Jukiman Situmorang, kepada wartawan mengatakan bahwa situasi Kota Palangkaraya dijamin kondusif. “Aksi damai yang dilakukan berjalan lancar. Masyarakat jangan terpancing dengan polimik isu yang beredar. Sampai sekarang masih aman dan kondusif, kita siap amankan kelancaran Pilkada,’’ tegasnya. (Ahmad Bakri)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s