Paham Islam Moderat, Penting Bagi Kita

Hasyim Muzadi99

KH. Hasyim Muzadi

Malang (Sergap) – Penyebaran faham Isalam yang moderat dan toleran di kawasan Nusantara adalah sangat penting. Penyebaran ini dapat dimaknai secara komprehensif, bukan hanya di bidang akidahnya saja, tetapi juga bidang syariahnya.

Demikian dikatakan oleh KH. Hasyim Muzadi, saat memberikan sambutan pada acara penutupan konferensi ICIS IV di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim di Malang, Jatim, Rabu (25/11/2015).

Kyai yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Konferensi Cendekiawan Muslim, Ulama, dan Sufi Sedunia (ICIS) ini menambahkan, bahwa nilai-nilai dalam Pancasila itu sendiri juga merupakan pengejawantahan atau perwujudan dari ajaran Islam itu sendiri.
Mantan Ketua Umum PBNU itu juga menyatakan bahwa moderasi itu juga bukan hanya “hablum minallah” (hubungan manusia dengan Allah) tetapi juga “hablum minannas” (hubungan sesama manusia). “Moderasi basisnya ‘rahmatan lil alamin’ (rahmat semesta alam),” ujarnya.
ditambahkan pula, untuk itu diperlukan pula moderasi wawasan antara agama dan kewarganegaraan serta terselenggaranya pendidikan yang menjamin terwujudnya pemikiran yang moderat karena kuncinya pasti ada di sektor pendidikan.
Karenanya, lanjutnya, dalam mengatasi permasalahan pendidikan juga harus dibangun suatu sistem metodologi dan kurikulum yang menjamin bertujuan melahirkan orang berwatak moderat, yang meninggalkan konservatifisme tetapi tidak terjebak dalam liberalisme.
“Kita bukan mengimport pemikiran di sini tetapi akan mengekspor pemikiran ke tempat lain,” tuturnya.
Mantan calon wakil presiden pada ajang Pemilu 2004 itu juga mengingatkan bahwa bila di Tanah Air terjadi pertikaian visi ideologis, maka konflik seperti yang terjadi di kawasan Timur Tengah juga berpotensi terjadi di sini.
Ditekankan oleh KH. Hazim Muzadi, “Belajar dari berbagai negara, diperlukan ‘national security act’ untuk mengindentifikasi embrio radikalisme sehingga memberantas tertorisme tidak hanya di hilirnya tetapi juga di hulunya,”. (en)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s