Kapolda Jatim Resmikan Brigadir Kampung Inggris

Brigadir kampung inggris2

Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji, saat memberikan sambutan dan arahan di Mapolres Kediri

Kediri (Sergap) – Kampung Inggris yang ada di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, saat ini sudah sangat terkenal. Pelajar dan masyarakat dari berbagai penjuru Nusantara, berbondong-bondong membuat kampung pusat belajar Bahasa Inggris ini sedemikian ramainya, utamanya saat libur sekolah.

Keramaian ini, menimbulkan kerawanan Kamtibmas dan potensi tindak kejahatan yang dapat mengganggu keterkenalan Kampung Inggris, yang tidak diraih dalam waktu singkat ini. Untuk mengantisipasi hat itu, Kepala Polda Jawa Timur (Kapolda Jatim) Irjen Pol Anton Setiadji, meresmikan program “Brigadir Kampung Inggris” yang dibentuk oleh Polres Kediri, yang akan ditempatkan di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri.

“Tujuan pembentukan ini menciptakan suasana di Kampung Inggris menjadi harmonis serta kondusif. Anggota pun nanti bisa fasih Bahasa Inggris, sehingga jika ditugaskan pada misi internasional misalnya PBB, bisa berjalan,” katanya Mapolres Kediri, Senin (16/11/2015) yang lalu.

Kapolda sangat mengapresiasi Polres Kediri, yang menggagas Program Brigadir ini, mengingat segala bentuk kejahatan bisa saja terjadi. Apalagi di Kampung Inggris, di mana ribuan pelajar maupun masyaraka dari berbagai daerah di Indonesia belajar Bahasa Inggris.

Kapolda berharap dengan pengamanan yang ketat ini, baik anggota maupun masyarakat juga sigap mengetahui setiap tamu yang datang di daerah mereka. Pengamanan itu sebagai upaya mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, misalnya menjadi korban kejahatan. “Dengan Brigadir Kampung Inggris ini, harapan kami baik anggota maupun masyarakat bisa menetralkan, bisa tahu siapa yang menginap di situ,” ujarnya.

Program Brigadir Kampung Inggris di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri ini menjadi program percontohan dari Polres Kediri. Sebanyak 21 anggota polisi diberi tugas untuk pengamanan di Kampung Inggris ini. Mereka akan berjaga di daerah itu, secara bergantian. Selain menggunakan sepeda motor, mereka juga mengendarai sepeda pancal saat melakukan patroli keamanan.

Di tempat yang sama, Kapolres Kediri AKBP Akhmad Yusep menjelaskan bahwa, kerawanan tindak kejahatan bisa saja terjadi di daerah ini, seperti pencurian kendaraan bermotor, peredaran narkoba, hingga kecelakaan lalu lintas.

“Alasan utama program ini adalah keinginan kuat Polres Kediri untuk menciptakan keamanan di kampung inggris, mengingat daerah ini adalah ikon Kecamatan Pare yag sudah dikenal secara nasional sebagai kampung wisata pendidikan yang aman dan nyaman,” ungkapnya.

Selain Polres Kediri, Kapolda sebelumnya mengunjungi Polres Jombang. Kunjungan diteruskan ke Polres Kediri Kota dan Polres Tulungagung, Polres Trenggalek, Polres Blitar dan Polres Blitar Kota. (tkr)

HARI PAHLAWAN iklan Ayub oke

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s