Pemeliharaan Jalan ke Pemukiman, Pemkab Magetan Diapresiasi Warga

Sugino, ST (kiri). Perbaikan jalan di ruas jalan Krajan-Lembeyankulon

Sugino, ST (kiri). Perbaikan jalan di ruas jalan Krajan-Lembeyankulon

Magetan (Sergap) – Jalan sebagai bagian sistem transportasi nasional mempunyai peranan penting terutama dalam mendukung ekonomi, sosial budaya, lingkungan, politik, serta pertahanan dan keamanan.

Dari aspek ekonomi, jalan sebagai modal sosial masyarakat merupakan katalisator di antara proses produksi, pasar, dan konsumen akhir. Dari aspek sosial budaya, keberadaan jalan membuka cakrawala masyarakat yang dapat menjadi wahana perubahan sosial, membangun toleransi, dan mencairkan sekat budaya.

Dari aspek lingkungan, keberadaan jalan diperlukan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Dari aspek politik, keberadaan jalan menghubungkan dan mengikat antardaerah, sedangkan dari aspek pertahanan dan keamanan, keberadaan jalan memberikan akses dan mobilitas dalam penyelenggaraan sistem pertahanan dan keamanan.

Tingkat perkembangan antar wilayah yang serasi dan seimbang merupakan perwujudan berbagai tujuan pembangunan. Tingkat perkembangan suatu wilayah akan dipengaruhi oleh potensi wilayah yang bersangkutan.

Pada prinsipnya, perkembangan semua wilayah pengembangan perlu dikendalikan agar dicapai tingkat perkembangan yang seimbang. Usaha pengendalian tersebut pada dasarnya merupakan salah satu langkah penyeimbangan dalam pengembangan wilayah yang dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung, misalnya dengan memberikan kesempatan kepada beberapa wilayah pengembangan yang tergolong kecil dan lemah untuk mengelompokkan diri menjadi lebih besar dan kuat.

Pemerintah Kota dan Kabupaten sebagai bagian dari pemegang kekuasaan pemerintahan negara mempunyai kewenangan menyelenggarakan jalan. Penyelenggaraan jalan, sebagai salah satu bagian penyelenggaraan prasarana transportasi, melibatkan unsur masyarakat dan pemerintah.

Agar diperoleh suatu hasil penanganan jalan yang memberikan pelayanan yang optimal, diperlukan penyelenggaraan jalan secara terpadu dan bersinergi antar sektor, antar wilayah sehingga kemajuan masyarakat dapat terbagi secara relatif lebih merata.

Jalur ini merupakan jalan akses utama masyarakat di wilayah Lembeyan dan sekitarnya, jika berpergian ke Kota Magetan

Jalur ini merupakan jalan akses utama masyarakat di wilayah Lembeyan dan sekitarnya, jika berpergian ke Kota Magetan

Pemerintah Kabupaten Magetan, mengupayakan pemerataan kemajuan masyarakat melalui sistem transportasi secara merata, dengan mengambil kebijakan pembangunan dan pemeliharaan jalan, dengan akses ke berbagai wilayah.

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (Dinas PU-BMCK) Kabupaten Magetan, juga melakukan pemeliharaan yang terencana akses jalan yang menuju ke pemukian warga.

Salah satunya adalah pemeliharaan jalan di ruas jalan Krajan-Lembeyankulon, yang merupakan prioritas berikutnya. Jalur ini merupakan jalan akses utama masyarakat di wilayah Lembeyan, ketika hendak berpergian ke Kota Magetan.

Kepala Dinas PU-BMCK Kabupaten Magetan Ir. Hegunadi, MT melalui Kepala UPTD Pemeliharaan Jalan, Jembatan dan Keciptakaryaan Wilayah VI, Sugino, ST mengatakan akses jalan yang aman dan nyaman akan meningkatkan rasa aman, karena tak ada lubang sekecil apapun dan nyaman karena jalannya beraspal sangat mulus.

“Dengan terciptanya rasa aman dan nyaman, tentunya kesejahteraan warga juga meningkat, karena dapat menikmati fasilitas jalan dengan kualitas prima,” kata Sugino, ST kepada Tabloid Sergap.

Rupanya perbaikan jalan Krajan-Lembeyan ini sudah sangat ditunggu-tunggu warga. Dengan spontan warga menyediakan kue dan minuman kepada para pekerja yang giat bekerja tanpa menghiraukan teriknya matahari.

“Rupanya warga ingin mengungkapkan rasa syukur dan gembira, karena jalan akses ke pemukimannya ditingkatkan kualitasnya. Kami mewakili Pemkab Magetan, tentu saja sangat haru dan berterima kasih atas antusias warga ini,” kata Sugino, ST.

Lebih lanjut, pria berkumis ini berharap agar warga juga bisa mempunyai rasa memiliki, sehingga mereka bisa ikut juga menjaga agar jalan yang mulus ini bisa awet, dengan tidak melewatinya dengan kendaraan yang melebihi tonase.

Dengan semboyan “Memayu Hayuning Bawana Suka Ambangun”, Kabupaten Magetan terus-menerus dan berkelanjutan bekerja keras untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat Magetan yang adil, mandiri dan bermartabat. (hadi/adv)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s