Pemkab Magetan Terus Tingkatkan Akses Jalan Menuju Area Wisata

Suyitno, ST (kiri). Ruas jalan Bangsri-Plaosan, jalur alternatif menuju Telaga Sarangan

Suyitno, ST (kiri). Perbaikan ruas jalan Bangsri-Plaosan, jalur alternatif menuju Telaga Sarangan

Magetan (Sergap) – Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir diseluruh daerah Indonesia terdapat potensi wisata. Namun semua potensi itu membutuhkan infrastruktur untuk dapat berkembang dan menimbulkan dampak ekonomi. Yang pada gilirannya, akan mampu mendorong peningkatan kesejahteraan warga di sekitarnya.

Infrastruktur tersebut tentunya adalah sarana dan prasarana tersebut yang dapat memberikan dukungan akses ke area wisata dan sarana yang mendukung keamanan dan kenyamanan wisatawan, sehingga dapat menikmati potensi wisata yang ada.

Sarana transportasi, adalah sarana pariwisata yang utama dan pertama harus disediakan oleh pemerintah untuk dapat mengembangkan potensi wisata, sehingga mampu berkembang menjadi komoditas yang mampu memberi dampak ekonomi yang positif.

Pemerintah Kabupaten Magetan sangat menyadari hal ini, sehingga peningkatan dan pembangunan jalan akses menuju tujuan wisata tak pernah henti dilakukan dari tahun ke tahun.

Pemerintah Kabupaten Magetan di bawah kepemimpinan Bupati Drs. H. KRA Sumantri Noto Adinagoro, MM, dalam Program Prioritas Pembangunannya mendudukkan Bidang Pariwisata pada posisi ketiga, setelah Pendidikan dan Pertanian.

Terkait itu maka jalan-jalan menuju area wisata menjadi prioritas pula bagi Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya (Dinas PUBMCK) Kabupaten Magetan. Kepala Dinas PUBMCK Ir. Hegunadi, MT melalui Kepala UPTD Pemeliharaan Jalan, Jembatan dan Keciptakaryaan Wilayah II, Suyitno, ST mengatakan bahwa, salah satu jalan prioritas yang menjadi tanggungjawabnya adalah ruas jalan Bangsri-Plaosan.

“Perbaikan dan pemeliharaan ruas jalan Bangsri-Plaosan, sepanjang 5 Kilometer ini juga menjadi prioritas utama. Sebagaimana kita ketahui jalan tersebut adalah jalur alternatif menuju ke area wisata Telaga Sarangan. Bapak Bupati berharap dengan perawatan yang bagus dan rutin, jalan-jalan di Magetan mulus, sehingga para wisatawan yang berkunjung akan terus bertambah,” kata Suyitno, ST kepada Tabloid Sergap.

Jika jalan-jalan di Magetan mulus, wisatawan yang berkunjung akan terus bertambah

Jika jalan-jalan di Magetan mulus, wisatawan yang berkunjung akan terus bertambah

Pemasukan restribusi dari area wisata Telaga Sarangan ini, merupakan andalan utama Pemerintah Kabupaten Magetan dalam mendukung PAD dari Bidang Pariwisata.

Telaga Sarangan, juga dikenal sebagai Telaga Pasir, adalah telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan terletak di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga ini berjarak sekitar 16 kilometer arah barat Kota Magetan. Telaga ini luasnya sekitar 30 hektare dan berkedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 15 hingga 20 derajat Celsius, Telaga Sarangan mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

Telaga Sarangan juga memiliki beberapa kalender event penting tahunan, yaitu Labuh Sesaji pada Jumat Pon bulan Ruwah, liburan sekolah di pertengahan tahun, Ledug Sura 1 Muharram, dan Pesta Kembang Api di malam pergantian tahun.

Pemerintah Kabupaten Magetan, telah menunjukkan komitmennya untuk mewujudkan jalan sebagai salah satu prasarana transportasi yang merupakan urat nadi kehidupan masyarakat yang mempunyai peranan penting dalam usaha pengembangan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam kerangka tersebut, jalan mempunyai peranan untuk mewujudkan sasaran pembangunan seperti pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, pertumbuhan ekonomi, dan perwujudan keadilan sosial bagi warga Kabupaten Magetan.

Dengan semboyan “Memayu Hayuning Bawana Suka Ambangun”, Kabupaten Magetan terus-menerus dan berkelanjutan bekerja keras untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat Magetan yang adil, mandiri dan bermartabat. (hadi/adv)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s