Magetan Maksimalkan Jalan Sebagai Sistem Transportasi Secara Merata

Suroto, ST (kiri). Pemeliharaan jalan ruas Karangsono-Teguhan, Magetan

Suroto, ST (kiri). Pemeliharaan jalan ruas Karangsono-Teguhan, Magetan

Magetan (Sergap) – Jalan sebagai salah satu prasarana transportasi yang merupakan urat nadi kehidupan masyarakat mempunyai peranan penting dalam usaha pengembangan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam kerangka tersebut, jalan mempunyai peranan untuk mewujudkan sasaran pembangunan seperti pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, pertumbuhan ekonomi, dan perwujudan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pembangunan jalan dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat atas angkutan barang dan jasa (orang) yang aman, nyaman, dan berdaya guna benar-benar akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Tersebarnya lokasi, baik sumber alam, tempat produksi, pasar maupun konsumen akhir, menuntut diikutinya pola efisiensi dalam menghubungkan tempat-tempat tersebut yang digambarkan dengan terbentuknya simpul pelayanan distribusi.

Dalam rangka itu semua, maka Pemerintah Kabupaten Magetan berupaya sekuat tenaga agar jalan sebagai bagian dari sistem transportasi dapat berfungsi secara maksimal di seluruh penjuru wilayah Kabupaten Magetan.

Dengan kata lain, jaringan jalan di Kabupaten Magetan harus mampu menghubungkan seluruh desa yang ada, sehingga tak ada lagi desa terpencil di Kabupaten Magetan. Sehingga semua aspek, baik itu ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, politik serta pertahanan dan keamanan, mampu tersebar secara relatif merata.

Sebagaima diketahui, Bupati Magetan, Drs. H. KRA Sumantri Noto Adinagoro, MM sudah memerintahkan, agar semua jalan di wilayahnya, harus mampu mendongkrak tingkat perekonomian warganya.

Dengan semangat tidak mengenal hujan dan panas akan selalu berkarya, dan dengan motto "Ayo Kerja", secara terus menerus dan berkelanjutan melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan

Dengan semangat tidak mengenal hujan dan panas akan selalu berkarya, dan dengan motto “Ayo Kerja”, secara terus menerus dan berkelanjutan melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan

Menindaklanjuti perintah itu Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (Dinas PU-BMCK) Kabupaten Magetan, dengan semangat tidak mengenal hujan dan panas akan selalu berkarya, dan dengan motto “Ayo Kerja”, secara terus menerus dan berkelanjutan melakukan perbaikan dan pemeliharaan semua jalan di wilayah kerjanya.

Kepala Dinas PU-BMCK Kabupaten Magetan Ir. Hegunadi, MT melalui Kepala UPTD Pemeliharaan Jalan, Jembatan dan Keciptakaryaan Wilayah IV, Suroto, ST mengatakan perbaikan dan pemeliharaan jalan merupakan prioritas Satuan Tugas Pemerintah Daerah di mana ia ditugaskan.

“Saat ini saya sedang menjalankan tugas untuk melakukan pemeliharaan jalan ruas Karangsono-Teguhan. Sedangkan tujuan dari pemeliharaan jalan ini adalah untuk memperlancar lalu lintas, perekonomian dan pendidikan di wilayah Kabupaten Magetan sisi Timur yang menghubungkan Kabupaten Magetan dan Kabupaten Madiun.

Ditambahkan oleh Suroto, ST bahwa pemeliharaan jalan ruas Karangsono-Teguhan tersebut juga memperlancar akses ke stasiun Barat, yang merupakan satu-satunya stasiun Kereta Api di Magetan, dan juga ke lembaga pendidikan seperti SMP dan SMA.

Kepala Dinas PU-BMCK melalui Kepala UPTD  Wilayah IV berharap, pemeratan perawatan berbagai jalan di Kabupaten Magetan dapat dinikmati semua lapisan masyarakat, sehingga perekonomian bisa meningkat dari waktu ke waktu.

Dengan semboyan “Memayu Hayuning Bawana Suka Ambangun”, Kabupaten Magetan terus-menerus dan berkelanjutan bekerja keras untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat Magetan yang adil, mandiri dan bermartabat. (hadi/adv)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s