PJU Magetan, Untuk Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan Pengguna Jalan

Penerangan di Alun-Alun, ruang publik tempat rekreasi warga yang murah meriah (kiri). Bunderan Selosari diberi penerangan cukup untuk keselamatan pengguna jalan (kanan).

Penerangan di Alun-Alun, ruang publik tempat rekreasi warga yang murah meriah (kiri). Bunderan Selosari diberi penerangan cukup untuk keselamatan pengguna jalan (kanan).

Magetan (Sergap) – Penerangan Jalan Umum (PJU) juga dapat diartikan sebagai Lampu Penerangan yang dipasang untuk sebesar-besarnya bagi kepentingan umum, kepentingan bersama dan bersifat kepentingan publik. PJU yang dimaksud adalah lampu-lampu dipasang pada ruas-ruas jalan yang dianggap perlu untuk diberikan fasilitas penerangan, PJU juga dapat dipasang pada tempat umum lain seperti taman-taman kota, monumen, alun-alun dan sebagainya.

Di Provinsi Jawa Timur, pengelolaan PJU menjadi wewenang dan tanggungjawab Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota setempat. Pemerintah Kabupaten/Kota kemudian menugaskan senuah instansi untuk mengelola PJU, mulai dari perencanaan, penambahan, perluasan, pemasangan jaringan, pemeliharaan, perbaikan, dan pengawasannya. Singkat kata instansi Pemerintah Kabupaten/Kota tersebut berwenang dan bertanggung jawab penuh atas PJU. Mulai dari pecahnya bola lampu, rusaknya tiang lampu, sampai pembayaran rekening PJU.

Pemerintah Kabupaten Magetan menugaskan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (PUBMCK) untuk mengelola PJUnya. Dengan pertimbangan bahwa PJU memang sebagaian besar berada di sepanjang jalan raya di wilayah Pemerintah Kabupaten Magetan.

Kepala Dinas PUBMCK Ir. Hegunadi, MT melalui Kepala Bidang PJU dan Peralatan,  Muslich, ST mengatakan bahwa PJU di wilayah kerja Pemerintah Kabupaten wajib selalu siap pakai. “Dengan Penerangan Jalan Umum yang prima, maka diharapkan dapat memperlancar lalu lintas terutama pada waktu malam hari. Pengendara dapat melihat dengan lebih jelas jalan yang akan dilalui pada malam hari, sehingga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas dan keamanan dari para pengguna jalan,” kata Muslich, ST menjelaskan.

PJU di Pasar Baru, Stadion dan Bunderan Patung Gubernur Suryo Magetan

PJU di Pasar Baru, Stadion dan Bunderan Patung Gubernur Suryo Magetan

Dengan tujuan mengutamakan keselamatan dan kelancaran lalu lintas pula, maka Dinas PUBMCK Kabupaten Magetan melakukan penambahan PJU di beberapa lokasi yang penting. Di antaranya adalah di tikungan-tikungan dan jalan-jalan yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan juga yang berbatasan dengan kota-kota lain di sekitar Magetan.

“Di sekitar Area Wisata Cemoro Sewu kita tambah titik-titik PJUnya, sehingga para pemakai jalan yang biasa melakukan perjalanan malam hari, merasa nyaman dan aman,” tambah Muslich, ST kepada Tabloid Sergap.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, PJU adalah bagian dari upaya tak pernah berhenti dari Pemerintah Kabupaten Magetan di bawah kepemimpinan Bupati Drs. H. KRA Sumantri Noto Adinagoro, MM untuk mewujudkan sarana dan prasarana infrastruktur yang memadai guna menunjang pertumbuhan perekonomian daerah.

Dengan semboyan “Memayu Hayuning Bawana Suka Ambangun”, Kabupaten Magetan terus-menerus dan berkelanjutan bekerja keras untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat Magetan yang adil, mandiri dan bermartabat. (hadi/adv)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s