Diperlakukan Tidak Adil, Warga Mendawai Akan Melakukan Pemekaran

Lurah Surya Omega, kanan sedang menulis

Lurah Surya Omega, kanan sedang menulis

Palangka Raya (Sergap) – Warga Mendawai Gang Permata Indah, RT 03,  RW VI, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang berjumlah hampir 100 Kepala Keluarga (KK), merasa bahwa segala bentuk bantuan dari pemerintah tidak pernah sampai ke tangan mereka.

Untuk memecahkan masalah itu, maka pada hari Selasa (27/10/2015) yang lalu, bertempat di rumah Kamal – salah satu Warga Mendawai – diadakan musyawarah dengan mengundang Hardi Taman, Ketua RT 03 RW VI Kelurahan Palangka, Lurah Surya Omega, Babinmas Yeni Sugiarto dan Babinsa Agus Wiyono, serta staf  Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Dalam musyawarah yang dimulai sekitar jam 09.30 WITA itu warga menyampaikan keluh-kesahnya terkait tidak lancarnya penerimaan berbagai bantuan kepada mereka.

Pak Basri misalnya, mengeluhkan betapa bantuan-bantuan melalui Kelurahan Palangka, berupa beras, kompor gas dan sebagainya, tak pernah mereka terima. “Sudah 7 tahun, kami tak pernah menerima bantuan yang namanya Beras Raskin, Kompor Gas dan sebagainya,” kata Basri.

Warga lainnya, Kamaruddin juga mengeluhkan tentang motor roda tiga yang tak pernah dapat dimanfaatkan oleh warga Gang Permata I sampai dengan III. “Kami juga tak bisa memanfaatkan motor Tossa untuk mengakut sampah, menjaga kebersihan lingkungan. Bagi kami ini sungguh tidak adil,” keluh Kamaruddin.

Budi, warga lainnya menanyakan kepada Ketua RT 03 – RW VI Kelurahan Palangka tentang warga yang telah diperintah untuk mengumpulkan copy KTP dan KK untuk mendapatkan Kartu Sehat. “Kami sampai saat ini, belum menerima Kartu Sehat padahal fotokopi KTP dan KK sudah diminta oleh pak RT,” kata Budi dengan nada marah.

Ketua RT Hardi Taman menjawab dengan permintaan maaf dan akan segera dibereskan. “Saya minta maaf, semuanya akan segera kami selesaikan,” katanya.

Dari kiri ke kanan : Ketua RT Hardi Taman, Babinsa Agus Wiyono, Babinmas Yeni Sugiarto

Dari kiri ke kanan : Ketua RT Hardi Taman, Babinsa Agus Wiyono, Babinmas Yeni Sugiarto

Bahkan Ketua RT tidak tahu berapa banyak jumlah KK di wilayahnya. Hardi Taman saat ditanya, menyebut bahwa warga RT 03 – RW VI jumlahnya hanya 30 KK. Jawaban ini sempat menuai cercaan dari warga yang hadir.

Menanggapi hal itu semua Lurah Palangka, Surya Omega minta maaf jika selama ini ada yang tak berkenan dalam pelayanan Kelurahan Palangka kepada warga. “Saya minta maaf, jika dalam pelayanan kepada warga, Kelurahan Palangka belum bisa berkenan di hati. Tapi ke depan kami akan tingkatkan pelayanan dengan lebih baik lagi,” kata Surya Omega di depan musyawarah warga.

Sebenarnya warga hanya berharap agar jajaran Kelurahan Palangka bersama RT dan RWnya bisa menjalankan tupoksinya dalam melayani masyarakat. Dalam hal bantuan-bantuan berupa apapun dari pihak pemerintah, pengusaha, agar dikucurkan dan sampai ke tangan warga yang berhak menerimanya.

Tapi tampaknya warga sudah tidak percaya lagi, sehingga mereka merencanakan untuk membentuk kepengurusan RT baru. “Dari jumlah KK, kami sudah memenuhi syarat untuk bisa membentuk RT baru. Pemekaran RT ini perlu dilakukan agar tidak terulang lagi ketidakadilan yang menimpa kami”, kata salah satu warga kepada Tabloid Sergap. (ab)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s