Kades Balegondo Magetan, Melantik Dua Kamituwo

Kamituwo Nurhasan dan Kamituwo Heru Pramono sesaat setelah dilantik

Kamituwo Nurhasan (kiri) dan Kamituwo Heru Pramono sesaat setelah dilantik

Magetan (Sergap) – Bertempat di Pendapa Desa Balegondo, Kecamatan Nagriboyo, Kabupaten Magetan, Kepala Desa Siti Matoyah melantik 2 orang Kamituwo, yaitu Nurhasan sebagai Kamituwo Babatan dan Heru Pramono sebagai menjadi Kamituwo Kuyangan.

Pelantikan yang berlangsung hari Jumat siang, 23 Oktober 2015 itu dihadiri oleh Muspika Ngariboyo, Pengurus BPD, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. Dalam sambutannya Kepala Desa mengatakan, pelantikan dua Kamituwo ini berdasarkan Surat Persetujuan Camat Ngariboyo, nomor : 141/565/403.402/2015, tertanggal 21 Oktober 2015.

“Saya percaya bahwa sudara akan melaksanakan tugas dan kewajiban sebaik-baiknya. Semoga Allah SWT selalu memberikan bimbingan dan petunjuk kepada kita sekalian,” kata Kepala Desa. Selanjutnya Kepala Desa mengambil sumpah jabatan yang diteruskan dengan penandatanganan berita acara pelantikan.

Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PPRI) Nomor 72 Tahun 2005 tentang Pemerintahan Desa disebutkan bahwa Kepala Desa adalah pejabat pemerintah yang bertugas menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di tingkat desa.

PPRI di atas adalah merupakan pelaksanaan dari ketentuan pasal 216 ayat (1) Undang Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam memimpin penyelenggaraan pemerintahan, Pemerintah Desa berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama Badan Perwakilan Desa (BPD).

Kesehariannya Kepala Desa dibantu dengan Perangkat Desa, salah satunya adalah Kamituwo. Kamituwo adalah perangkat yang membantu Lurah Desa di wilayah bagian Desa atau Dusun/Dukuh. Karena itu Kamituwo juga disebut Kepala Dusun.

Kamituwo mempunyai tugas menjalankan sebagian kegiatan Kepala Desa dalam kepimimpinan Kepala Desa di wilayah kerjanya.  Fungsi Kamituwo antara lain  adalah : Melaksanakan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pemasyarakatan, serta ketentraman dan ketertiban wilayah kerjanya; Melaksanakan peraturan Desa di wilayah kerjanya dan Melaksanakan kebijakan Kepala Desa.

Selamat dan sukses untuk bapak Kamituwo Nurhasan dan bapak Kamituwo Heru Pramono. Selamat bekerja membangun Desa Balegondo, dengan semangat Memayu Hayuning Bawana Suka Ambangun untuk menjadikan Kabupaten Magetan menjadi lebih baik dan sejahtera. (Hadi/adv)

SERGAP VIDEO

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s