Batu Akik Jadi Bukti Kehidupan di Planet Mars

Dua pecahan Meteor Nakhla yang jatuh di Mesir tahun 1911. Batu Akik Black Opal Australia.

Dua pecahan Meteor Nakhla yang jatuh di Mesir tahun 1911. Batu Akik Black Opal Australia.

London – Sebuah tim yang terdiri dari para astronom dari University of Glasgow telah menemukan jejak Batu Opal yang terdapat pada Meteor Nakhla yang berasal dari Planet Mars. Penemuan batu opal itu mengindikasikan adanya bentuk kehidupan di Planet Mars. Meteor Nakhla dinamai dari tempat ia jatuh di kota Nakhla, Mesir pada 1911.

Meteor Nakhla meteorit, dikatakan berasal dari aliran lava Mars, diklasifikasikan sebagai achrondite, atau batu tanpa chondrules, yang karena pengaruh dengan atmosfer bumi, meteorit itu pecah menjadi 40 bagian dan  sekarang disimpan di British Museum dan Smithsonian Institution.

Dalam penelitian yang ditulis secara panjang lebar di Jurnal Meteoritrics & Planetary Science, tim astronom mengatakan telah mendeteksi sisa-sisa Opal Api dengan corak warna semburat merah dan oranye, dengan bantuan mikroskop pemindai elektron.

Opal Api adalah sejenis Batu Akik yang biasa digunakan masyarakat untuk dijadikan perhiasan.

Batu opal biasa ditemukan dekat mata air panas yang kaya sumber mineral yang merupakan sumber kehidupan mikroba. Hal itu mengindikasikan bahwa sebagian lingkungan Mars memiliki kesamaan dengan Bumi sehingga bisa ditinggali oleh makhluk hidup.

“Kita tahu bahwa di Bumi, Batu Opal seperti ini sering terbentuk di dalam dan di sekitar mata air panas,” tulis Martin Lee, penulis utama dari penelitian ini. Menurut Lee, kehidupan mikroba tumbuh subur dalam kondisi tersebut, dan opal dapat menjebak dan melestarikan mikroba ini selama jutaan tahun.

“Jika di Mars ada mikroba, berarti mereka juga ikut terawetkan di dalam Opal di permukaan Mars,” kata Lee.

Sumber: techtimes.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s