Air Terjun Sedudo Longsor, 3 Orang Meninggal

Kondisi pemandian di bawah air terjun setelah longsor dan evakuasi korban oleh petugas dan pengunjung.

Kondisi pemandian di bawah air terjun setelah longsor dan evakuasi korban oleh petugas dan pengunjung. (sumber : BBM)

Nganjuk (Sergap) – Dalam suasana libur Lebaran, terjadi musibah longsor di objek wisata air terjun Sedudo, Nganjuk, Jawa Timur, sekitar pukul 16.00 WIB, Selasa (21/7/2015).

Menurut Kapolres Nganjuk, AKBP Muhammad Anwar Nasir ada 12 korban yang terkena efek dari longsor air terjun. Sedangkan ada 3 korban meninggal dunia yang terdata oleh pihak RSU Nganjuk dan RS Bhayangkara Nganjuk.

“Tiga pengunjung meninggal dunia dan 9 penguinjung luka ringan. Semua korban saat ini sedang dirawat di dua rumah sakit, yaitu RSU Nganjuk dan RS Bhayangkara Nganjuk, Jawa Timur,” kata AKBP Muhammad Anwar Nasir.

Masih menurut Kapolres, tiga nama korban yang meninggal dunia itu adalah M. Sofiyah Sahmi (25) Warga Kapas Jaya Surabaya. Kedua, Subhan Anas Masbowo (35) warga Jepara Surabaya. Ketiga, Hendra Pramana Setiawan (13), warga Dipenogoro Karang Waru, Tulungagung, Jawa Timur.

Kedua korban meninggal dunia yang berasal dari Surabaya yang bernama M. Sofyan dan Subhan dirawat di RSU Nganjuk. Sedangkan, korban meninggal dunia Hendra dirawat di RS Bhayangkara, Nganjuk, Jawa Timur.

Ditanya soal kronologi kejadian longsor yang mengakibatkan korban luka dan meninggal dunia yang menimpa pengunjung wisata air terjun Sedudo, Kapolres Nganjuk mengatakan bahwa debit air di air terjun Sedudo dalam kondisi stabil, dan tidak ada tanda-tanda akan longsor.

“Dilaporkan oleh saksi mata, bahwa 3 korban yang meninggal persis di lokasi air terjun. Korban meninggal akibat tertimpa pohon kecil dan bebatuan yang jatuh diatas air terjun dengan ketinggian 103 meter,” terangnya.

“Dua orang langsung meninggal di TKP, sedangkan 1 orang sempat dirawat dan akhirnya meninggal di RS Bhayangkara Nganjuk,” tambah Kapolres.

Sedangkan untuk korban luka ringan dan berat, Kapolres Nganjuk belum bisa mendata lebih detail. Namun, beberapa korban luka berasal dari beberapa daerah di Jatim. “Korban yang luka ringan dan berat berasal dari Kediri, Surabaya, Madiun, dan Nganjuk,” katanya.

Saat ini, pihak Polres Nganjuk terus mendata korban longsor baik yang luka ringan, berat dan meninggal dunia. Sedang, untuk penutupan tempat wisata air terjun Sedudo pihak Polres Nganjuk masih berkoordinasi dengan pihak Perhutani.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk Sukoyono, material yang jatuh dari atas air terjun Sedudo itu berupa pepohonan. “Saat itu, ada pohon jatuh dan kebetulan ada beberapa pengunjung yang mandi, sehingga mereka tertimpa,” kata Sukoyono.

Sukoyono menambahkan, pohon dengan diameter 30 sentimeter tiba-tiba jatuh dari ketinggian 90 meter dan tepat mengenai para pengunjung yang mandi di bawahnya.

Dengan kejadian ini, maka kawasan air terjun Sedudo, Nganjuk, dalam kurun 9 tahun sudah tercatat 4 kali longsor.

Pertama, terjadi pada 8 Januari 2007. Akibat dari longsor tersebut menyebabkan 14 bangunan kios, dua gazebo dan pepohonan di sekitar air terjun hancur, termasuk tangga utama dan pagar besi menuju lokasi air terjun. Kedua, 21 Januari 2011, longsor mengakibatkan ribuan warga di empat dusun di daerah itu terisolasi Ketiga, 13 Februari 2013 batu besar yang berada di kawasan wisata Sedudo jatuh ke jalan akibat tanah longsor. Akibatnya, jalan menuju lokasi wsiata ditutup dan dilakukan evakuasi memindahkan batu besar yang mengahalangi jalan. Yang keempat, terakhir 21 Juli 2015 tadi sore. (tim)

Update berita : 

Ada 9 korban yang teridentifikasi yang mengalami luka berat patah tangan, dan luka ringan di bagian kepala dan pelipis akibat kejatuhan pohon dan batu tersebut adalah M Hasim (20), Mohammad Rifai (29), Bagus (29) warga Semare Kernel Nganjuk, Prasetyo (15), Hafidz (20) warga Desa Peluh Kridosono, Siti Manggison (38), Rosita (35) warga Surabaya, Galuh (27) warga Lamongan dan Subekti (37) warga Jakarta Selatan mengalami luka berat dan patah tangan kanannya.

Iklan

One thought on “Air Terjun Sedudo Longsor, 3 Orang Meninggal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s