Wabup Kukuhkan Pengurus FMM KIA Grobogan 2015-2019

Wakil Bupati Grobogan Icek Baskoro, SH sedang menyematkan pin kepada Ketua FMM KIA dr. Henny Sutrisno

Wakil Bupati Grobogan Icek Baskoro, SH sedang menyematkan pin kepada Ketua FMM KIA dr. Henny Sutrisno

Grobogan (Sergap) – Wakil Bupati (Wabup) Grobogan H. Icek Baskoro, SH  mengukuhkan kepengurusan Forum Masyarakat Madani Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (FMM KIA) Kabupaten Grobogan, dalam acara Deklarasi dan Lokakarya Penguatan FMM KIA, bertempat di ruang pertemuan Wakil Bupati, Kamis (25/6/2015).

Kepengurusan FMM KIA Kabupaten Grobogan masa bakti 2015-2019 bertindak sebagai Ketua : dr. Henny Sutrisno, Sekretaris : Badiatul Muchlisin Asti, dan Bendahara : Rois Hamdani, M.Ag.

Ketua FMM KIA Kabupaten Grobogan melalui sekretaris Badiatul Muchlisin Asti menyatakan, forum ini dibentuk sebagai arena partisipasi warga untuk menyuarakan kepentingan dan menuntut hak agar pelayanan Kesehatan Ibu, Balita dan Bayi Baru Lahir (KIBBLA) menjadi lebih baik. Selain itu bisa menjadi arena untuk menyampaikan pandangan kepada penyedia layanan dan pemerintah secara bertanggungjawab dan berkualitas.

Forum ini berperan antara lain memberikan identitas sosial bagi para individu dan organisasi untuk berkontribusi bagi penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir, antara lain terlibat dalam Pokja Expanding Maternal and Neonatal Survival (Emas).

Membantu proses pelayanan gawat darurat dengan kesiapsiagaan masyarakat di tingkat komunitas seperti ambulan, donor darah, dana sehat, dan lain sebagainya. Bertindak sebagai “clearing-house” informasi tentang layanan kesehatan ibu dan anak. Menjembatani kepentingan masyarakat dengan penyedia pelayanan dan pemerintah, misal dalam hal pembiayaanatau jaminan sosial. Membangun rasa aman dan melindungi masyarakat dari kecurangan birokrasi pelayanan. Juga mengkoordinasikan partisipasi ‘action-research’, salah satunya melalui Kartu Laporan Warga

Wabup Grobogan Icek Baskoro, SH dalam sambutannya menyatakan apresiatif terhadap kehadiran FMM KIA Kabupaten Grobogan yang akan ikut berpartisipasi dalam upaya penyelamatan ibu hamil dan melahirkan serta bayi baru lahir. “Saya berharap agar terbentuknya forum ini tidak hanya sekedar latah, namun  memang benar-benar keluar dari hati nurani untuk ikut berperan aktif menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir”, pesan Wabup.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Grobogan beserta anggota forum beramai-rami ikut menandatangani deklarasi forum. Kepala DKK Grobogan dr. Johari Angkasa mengakui perlunya bantuan dan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk masyarakat sipil yang secara sukarela memberikan pelayanan kepada ibu dan bayi.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua District Leader Team Emas Kabupaten Grobogan Amiruddin, sejumlah SKPD terkait, serta pimpinan rumah sakit dan puskesmas. Sementara Lokakarya Penguatan FMM KIA disampaikan Civil Society Officer Emas Jawa Tengah Heri Susanto. (ANS)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s