Memanfaatkan Facebook Untuk Memajukan UMKM

Talk Show Wirausaha bareng Pikukuh Pambudhito, Selasa (26/05/2015) di Gedung UMKM Centre

Talk Show Wirausaha bareng Pikukuh Pambudhito, Selasa (26/05/2015) di Gedung UMKM Centre

Semarang (Sergap) – Menggunakan media sosial Facebook untuk pemasaran produk, menjadi bahasan dalam acara Talk Show yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Jawa Tengah, Rirektorat Jendral Pajak dan Kantor Wilayah DPJ Jawa Tengah, digelar Selasa (26/05/2015) yang lalu di Gedung UMKM Centre jalan Setiabudi 192 Srondol Jawa Tengah.

Tampil sebagai pembicara Marina, T Nugroho Hanto (BRI), Pikukuh Pambudhito (UKM Guest Online) dan Rizal Pokji. Audiennya adalah para pelaku UMKM Jawa Tengah. Para pelaku UMKM Jateng diajak untuk menggunakan media sosial Facebook dalam memasarkan produk barang dan jasanya. Alasanya pengguna Facebook di Indonesai sangatlah besar, mencapai  85 juta orang di tahun 2015 ini.

“Sangat mudah memulai bisnis menggunakan Facebook. Mudah mencari sumber traffic untuk berbisnis, low cost sangat kecil sehingga menguntungkan dari segi permodalan. Menu-menu pendukung untuk berjualan sangat banyak sekali, tidak membutuhkan tempat yang luas  untuk membuka bisnis online, bisa memilah target penjualan kita”, kata Pikukuh Pambudhito menjelaskan.

Ada pula fitur FbAds yang bisa digunakanoleh  semua orang, dengan tarif mulai dari Rp 10 ribu per 1 kali ads. Bisa mentargetkan usia dan aktifitas yang sangat relevan dengan bisnis kita, semua orang hampir setiap hari online dengan Facebook. Pelaku UMKM yang menggunakan tehnologi online akan tumbuh dua kali lipat, dibanding dengan yang  tidak memanfaat kan tehnologi online.

“Bukan berarti tidak punya toko, tidak bisa usaha. Pakai cara kreatif memanfaatin online”, ajak Kukuh kepada para pelaku UMKM. “Jangan kita yang dimanfaatkan oleh Facebook,  tapi Facebook kita manfaatkan. Sayang banget kalau belum punya akun Facebook. Sudah ada 7 juta netizen di Indonesia yang rajin belanja online, tapi sayang nya pelaku UKM yang memanfaatin online masih kurang”, kata Kukuh menambahkan.

Netizen adalah pengguna internet di atas tiga jam. Aplikasi yang dimiliki orang Indonesia paling banyak adalah Facebook, Blackberry Messenger dan WhatsApp. (Ans)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s