Heli Militer Pakistan Jatuh Tewaskan Istri Dubes Indonesia

Helikopter menimpa sebuah sekolah yang sedang kosong dan terbakar (Reuter)

Helikopter menimpa sebuah sekolah yang sedang kosong dan terbakar (Reuter)

Sebuah helikopter militer Pakistan jenis MI 17 yang membawa diplomat untuk menghadiri peresmian sebuah proyek pariwisata di Gilgit Baltistan Pakistan, jatuh menimpa sebuah sekolah yang sedang kosong pada hari Jumat (07/05/2015), yang langsung menewaskan 6 orang.

Mereka yang tewas ditempat itu adalah yaitu dua pilot militer yang diidentifikasi sebagai Mayor Faisal dan Mayor Altamash, kemudian empat warga asing yang terdiri atas Dubes Norwegia Leif H Larsen, Dubes Filipina Domingo D Lucenario Jr, Habibah Mahmud istri Dubes Malaysia dan Heri Listyowati, istri Dubes Indonesia. Demikian disampaikan oleh Juru Bicara Militer Pakistan Asim Bajwa dalam sebuah posting Twitter.

Heri Listyowati, SH, LLM adalah dosen Hukum Agraria Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM). Sedangkan sang suami Burhan Muhammad Dubes RI untuk Pakistan, dikabarkan dalam kondidi kritis, karena luka bakar 75%.

Duta Besar RI untuk Pakistan, Burhan Muhammad bersama isterinya Heri Listyowati dalam sebuah acara. (antara)

Duta Besar RI untuk Pakistan, Burhan Muhammad bersama isterinya Heri Listyowati dalam sebuah acara. (antara)

Dubes Polandia, Belanda, Afrika Selatan, Lebanon dan Rumania yang berada dalam helikopter yang sama mengalami luka-lula.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Azaz Chaudhry mengatakan, bahwa Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif, yang berada dalam helikopter yang berbeda selamat, dan kembali ke Islamabad.

Azaz Chaudhry juga mengatakan informasi awal mengindikasikan penyebab kecelakaan adalah kesalahan teknis. “Rupanya mesinnya gagal. Itu bukan terorisme,” kata Menteri Luar Negeri menambahkan.

Namun militan Taliban mengklaim menembak jatuh helikopter ini dengan rudal. Dalam pernyataannya, Taliban menyebut target sebenarnya adalah PM Pakistan Nawaz Sharif. “Nawaz Sharif dan sekutu-sekutunya adalah target utama kami,” kata juru bicara Taliban Muhammad Khurasani dalam sebuah pernyataan email.

Tetapi saksi di lapangan, dan helikopter lainnya di perjalanan, dilaporkan tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan terjadinya penembakan.

Gilgit-Baltistan berjarak sekitar 250 km di utara Islamabad, bukanlah daerah kubu Militan Taliban yang sering mengklaim bertanggung jawab atas insiden yang tak ada hubungan dengannya.

Editing : Tkr. Sumber : Reuter

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s