Bupati Minta Acara Perpisahan Sekolah di Tulungagung Disederhanakan

Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE

Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE

Tulungagung (Sergap) – Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE mengimbau kepada semua Kepala Sekolah tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, negeri maupun swasta di wilayah Kabupaten Tulungagung  agar meninjau ulang tradisi Purnawiyata Sekolah (acara perpisahan sekolah) yang dinilainya menimbulkan anggaran yang besar, sehingga memberatkan orang tua siswa.

“Saya minta kepada Kepala Dinas Pendidikan agar menyampaikan kepada kepala sekolah tentang imbauan ini,” katanya usai acara Tasyakuran dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, hari Sabtu (02/05/2015).

Bupati berpendapat bahwa, pelaksanaan Purnawiyata diperbolehkan asal tidak membebani orang tua siswa. Artinya sekolah tak bisa memaksakan ada acara Purnawiyata yang mewah kepada orangtua atau wali murid sebagai seremoni kelulusan siswa. “Sepanjang orang tua siswa tidak mempermasalahkan, tidak jadi soal. Tapi saya imbau, sebaiknya tidak melaksanakan kegiatan Purnawiyata terlalu mewah,” ujarnya menegaskan.

Bupati Syahri Mulyo mengungkapkan, beban biaya terbesar biasanya dialami sekolah-sekolah di pinggiran kota, ketika acara Purnawiyata secara mewah tetap dipaksakan. Sekolah di pinggiran kota yang menggelar Purnawiyata di gedung sewaan di tengah kota, akan mengalami peningkatan pembiayaan. “Mulai untuk biaya akomodasi, sewa gedung hingga konsumsi. Intinya saya minta Dinas Pendidikan berkoordinasi dengan setiap kepala sekolah bagaimana baiknya,” tegas Syahri.

Kepala Dinas Pendidikan Tulungagung Suharno, sepakat dengan imbauan bupati. Tetapi ia mengaku tidak bisa serta-merta melarang kegiatan Purnawiyata. Menurut Suharno, saat ini ada beberapa sekolah yang membuat sistem biaya Purnawiyata sejak masuk menjadi siswa.

Dengan cara itu, maka tidak ada rasa keberatan yang dialami orang tua siswa. “Ada yang dibuat seperti itu. Makanya kami tak langsung bisa memutusnya agar tidak diprotes,” katanya menjelaskan. (tkr)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s