Sempat Mangkrak, Jalan Tol Ngawi-Kertosono Ditarget Selesai 2,5 Tahun

Presiden didampingi Gubernur Jawa Timur mencermati paparan tentang Tol Ngawi-Kertosono

Presiden didampingi Gubernur Jawa Timur mencermati paparan tentang Tol Ngawi-Kertosono

Ngawi (Sergap) – Seusai melakukan groundbreaking pembangunan jalan tol Trans Sumatera di Lampung dan Palembang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung menuju Ngawi, Jawa Timur, Kamis (30/4/2015) sore, guna meresmikan Percepatan Pembangunan Jalan Tol Ruas Solo – Ngawi dan Groundbreaking Jalan Tol Ngawi – Kertosono.

Presiden Jokowi tiba sore hari, mendarat di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia. Selanjutnya, Presiden dan rombongan akan menuju Desa Klitik, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, dengan berkendara mobil sejauh 22 km.

Sebagaimana dirilis Humas Setkab, dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan, jalan tol  Ngawi-Kertosono dan Solo-Ngawi itu seharusnya sudah dibangun 3 (tiga) tahun yang lalu. Kini Presiden memberikan kesempatan kepada badan usaha swasta jika mau mengerjakan, demikian juga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) silahkan kalau mau mengerjakan.

Kuncinya, kata Presiden, harus ada target dalam pekerjaan itu.  “Saya sudah berikan target ke Pak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  paling lama dua ruas ini 2,5 tahun, paling lama, saya berikan target,” kata Presiden Jokowi.

Kalau swastanya kira-kira tidak punya kemampuan, Presiden Jokowi mempersilahkan BUMN untuk mengambil alih. Kalau BUMN masih lambat lagi,  Presiden Jokowi memerintahkan Kementerian PUPR mengambil alih.

“Cara kerjanya sekarang seperti itu. Kalau tungga tunggu tungga tunggu, saya yang dimarahi masyarakat. Pak, kapan? Pak, kapan? Yang ditanya kan saya,” ungkap Jokowi.

Usai memberikan sambutan, Presiden Jokowi menekan tombol sirene sebagai tanda Percepatan Pembangunan Jalan Tol Ruas Solo – Ngawi dan Groundbreaking Jalan Tol Ngawi – Kertosono di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Selanjutnya, Presiden dan rombongan menuju tempat ​peninjauan Panel Rencana Jalan Tol Ruas Solo – Ngawi – Kertosono, dengan berjalan kaki.

Ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam groundbreaking tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat M. Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Kepada wartawan, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Adityawarman mengatakan, tol yang terbagi dalam dua paket besar pengerjaan ini, bila sudah beroperasi akan dikenakan tarif sekitar Rp 650/km untuk kendaraan golongan I.

“Tarif Rp 650/Km. Jadi kalau total tarif dikalikan panjangnya saja. Nanti juga tinggal dihitung masuk dari mana, keluar di mana tinggal dikalikan tarifnya saja,” kata Adityawarman di lokasi groundbreaking. Dengan perhitungan panjang total jalan tol mencapai 176,7 km, maka diperkirakan tarif tol Solo-Kertosono untuk golongan I sekitar Rp 115.000 per kendaraan.

Di depan Presiden Jokowi, Soekarwo melaporkan, proyek jalan tol yang ada di Jawa Timur sudah ada sepanjang 600 km lebih. Namun yang beroperasi baru 96 km. Proyek tol Kertosono ini merupakan bagian dari Trans Jawa yang terbagi menjadi 2 ruas, Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono.

“Dapat kami laporkan juga, Mantingan-Kertosono sudah 73% (lahan) yang kita bebaskan. Kertosono-Mojokerto sudah bebas lahan 90% lebih,” papar Soekarwo.

Soekarwo mengatakan, masyarakat Jawa Timur bersyukur. Karena bila tol ini jadi, ongkos distribusi barang akan menjadi lebih murah. “Nilai tukar petani akan lebih lebih naik. Karena selama ini tingginya harga pangan itu tidak dirasakan petani, tapi habis untuk ongkos transportasi. Dengan ini makanya diharapkan petani lebih merasakan, petani lebih makmur,” papar Soekarwo.

“Saya juga berdoa. Mudah-mudahan Bapak-Bapak sehat dan panjang umur, sehingga tol lain juga bisa dipercepat,” tutup Soekarwo. (tim)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s