Tuntut Pembubaran PHI, Buruh Akan Demo Gubernur Jatim

Presiden Rusia Vladimir Putin, saat ikut demo bersama para buruh pada Pringatan Mayday tahun 2012

Presiden Rusia Vladimir Putin, saat ikut demo bersama para buruh pada Peringatan Mayday tahun 2012

Surabaya (Sergap) – Dalam rangka memperingati Hari Buruh Sedunia (Mayday), besok tanggal 1 Mei 2015, puluhan ribu buruh yang tergabung dalam Persatuan Pekerja/Buruh Jawa Timur Menggugat (Sapujagat) akan melakukan demo di depan Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan, Surabaya.

“Para buruh yang datang dari berbagai daerah seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, Mojokerto, Jombang, Probolinggo, Malang, akan menggunakan ratusan bus dan ribuan motor,” kata Jazuli, Koodinator Aksi Mayday Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Timur, Selasa (28/4/2015).

Jazuli menegaskan, tuntutan utama dalam Mayday 2015 adalah pembubaran Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) yang dibentuk melalui UU No 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian perselisihan hubungan industrial (PPHI).
“PHI menjadi kolonialis kapitalis sehingga memilih jaloan mogok, aksi, bahkan anarkis, karena negara tidak lagi melindungi buruh, sistemnya tidak adil dan lebih memihak pengusaha. Dalam kasus PHK, sekitar 90 persen putusan bukan memperkejakan kembali, tetapi dipecat dengan pesangon”, kata Jazuli penuh semangat.

Ditambahkan oleh Jazuli, bahwa biaya perkara di PHI sangat tinggi, tak mungkin bisa dijalankan oleh buruh. “Misalnya, buruh di Banyuwangi yang setiap minggu mengikuti persidangan yang bisa sampai 10 kali sidang. Belum lagi jika harus kasasi dan PK ke Mahkamah Agung. Jika perlu eksekusi, maka dibutuhkan biaya besar antara Rp 6 juta sampai Rp 35 juta,” terangnya.

Jazuli menambahkan, sebenarnya perjuangan pembubaran PHI ini sudah mendapatkan mendapatkan dukungan dari Gubernur Jatim Soekarwo, melalui suratnya bernomor 900/14946/042/2012 tertanggal 30 Agustus 2012 yang ditujukan kepada presiden dan ketua DPR RI.

“Maka dari itu, dalam peringatan Mayday ini, buruh kembali mendesak Gubernur Jatim untuk menegaskan dukungan tersebut,” tegasnya. (win)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s