Terminal Ngawi dan Malang Akan Diambil Alih Pemerintah Pusat

Terminal Kertonegoro Ngawi dan Terminal Arjosari Malang

Terminal Kertonegoro Ngawi dan Terminal Arjosari Malang

Ngawi (Sergap) – Terminal Kertonegoro Ngawi, akan diambil alih pengelolaannya oleh pemerintah pusat, sebagaimana ketentuan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Berdasarkan Undang-undang tersebut, semua terminal Tipe A seperti Terminal Kertonegoro, Ngawi, akan dikelola oleh pemerintah pusat mulai tahun 2016,” ujar Kepala UPTD Terminal Kertonegoro Ngawi, Ali Imran, Kamis (16/4/2015).

Ditambahkan oleh Ali Imran, bahwa selama ini ini pengelolaan Terminal Kertonegoro yang mempunyai luas 5 hektar ini, baik sebagai asset maupun pendapatannya, dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi.

Berdasarkan hasil paparan oleh Kementerian Perhubungan, pemerintah pusat hanya akan mengedepankan pelayanan terminal dari pada pendapatan sektor retribusi. “Jadi, setiap bus yang masuk terminal rencananya tidak lagi ditarik retribusi seperti sekarang. Konsepnya nanti dibuat seperti stasiun. Yang berfokus pada uang sewa kios dan toko waralaba yang ada di terminal,” katanya

Ali Imran menambahkan, sejumlah persiapan telah dilakukan untuk pengambilalihan tersebut. Di antaranya, inventarisasi personel, peralatan, pembiayaan, dan dokumen (P3D) yang harus dilaporkan ke Kementrian Perhubungan.

Selain Terminal Kertonegoro Ngawi, Terminal Arjosari Kota Malang juga akan diambil alih pengelolaannya oleh Kementrian Perhubungan.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub), Kota Malang, Handi Priyanto, pada hari Sabtu (11/4/2015), usai memenuhi undangan Kementerian Perhubungan, guna membahas teknis pengambilanalihan Terminal Arjosari. “Hasil pertemuannya adalah pengambilalihan dipercepat,” ujar Handi Priyanto. (sbs/en)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s