Batu Emeral Seharga Rp. 5,2 Trilyun yang Jadi Rebutan

Batu Emerald memiliki ukuran 180.000 karat, atau seberat 381 kilogram.

Batu Emerald memiliki ukuran 180.000 karat, atau seberat 381 kilogram.

Sebuah bongkahan batu berharga yang dinamakan Bahia Emerald, ditaksir seharga 400 juta dollar atau sekitar Rp 5,2 Triliun, saat ini menjadi rebutan di dunia internasional. Batu mahal ini merupakan batu berharga paling besar dan paling langka di dunia. Batu ini memiliki ukuran 180.000 karat, atau seberat 381 kilogram.

Tak heran, karena melibatkan uang yang besar,  jika pada akhirnya perebutan ini, telah memasuki ranah hukum.

Sebagaimana dilansir Fox News dan dikutip dari laporan Adam Housley di “America’s Newsroom”, setidaknya ada delapan orang yang mengklaim kepemilikan batu emerald raksasa ini dan kini Brasil ikut serta dalam perebutan tersebut.

“Batu itu ditambang di Brasil pada tahun 2001. Sempat berada di New Orleans dan berada di dalam air setelah Badai Katrina. Kini berada di situs eBay ditawarkan dengan harga 70 juta dollar AS,” demikian ditulis di laman foxnews.

“Namun Brasil kini masuk dalam permasalahan ini dan mengatakan meski ada delapan individu yang mengaku pemiliknya namun sebenarnya kami adalah pemilik asli dan akan terus berjuang untuk mendapatkannya,” demikian lanjutan berita itu.

Brasil mengklaim jika batu berharga itu adalah kekayaan negaranya, yang telah ditambang secara ilegal, dan dibawa secara ilegal pula ke Amerika Serikat.  (tkr)

sumber:  foxnews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s