Pilkada Serentak Jatim Digelar Desember 2015

Sufiyanto, Ketua Bawaslu Jawa Timur

Sufiyanto, Ketua Bawaslu Jawa Timur

Surabaya (Sergap) – Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Timur (Bawaslu Jatim) Sufiyanto menyatakan, bahwa Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Jatim direncanakan akan digelar pada Desember 2015.

Sufiyanto juga menjelaskan, bahwa saat ini, Bawaslu Jatim sudah melakukan rekrutmen calon anggota Panwaslih (Panitia Pengawas Pemilih) di 16  kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak. “Rekrutmen calon anggota Panwaslih di 16 kabupaten/kota sudah memasuki enam besar, tinggal mengikuti uji publik lalu ditetapkan menjadi tiga besar dan pelantikan,” ujarnya, Kamis (29/01/2015) di kantornya.

Uji publik bagi calon anggota Panwaslih untuk pertama kali akan dilakukan di Universitas Negeri Jember. “Uji publik di Jember akan diikuti enam besar calon Panwaslih dari Banyuwangi, Jember dan Situbondo,” paparnya.

Sementara pada tahap kedua, akan dilaksanakan di Bawaslu Jatim yang dijadwal pada awal Februari 2015 diikuti oleh 42 calon anggota Panwalih dari Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo. Kota Surabaya, Gresik, Lamongan dan Sumenep.

Sedangkan uji publik yang terakhir akan dilaksanakan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri diikuti dari Malang, Kota Blitar, Kediri, Trenggalek, Ponorogo dan Ngawi.  “Yang pasti sebelum 26 Februari sesuai rencana KPU RI yang akan memulai tahapan Pilkada, Bawaslu akan melakukan penetapan tiga anggota Panwaslih terpilih dan tiga orang lainnya sebagai cadangan, sekaligus pelantikan,” ujarnya.

Untuk itu diharapkan sebelum uji publik maupun penetapan dilakukan, masyarakat bisa memberi masukan kepada Bawaslu Jatim terkait perilaku enam kandidat Panwaslih di masing-masing daerah. “Kami akan menerima semua pengaduan terkait calon panwaslih yang lolos enam besar. Masukan masyarakat ini akan menjadi pertimbangan bagi tim untuk menentukan apakah mereka berhak lolos atau cukup menjadi cadangan,” ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, meskipun Perppu No.1/2014 tentang Pilkada masih dalam revisi di DPR RI, tapi KPU Jatim juga optimis Pilkada di Jatim dilaksanakan secara serentak pada Desember 2015. Bahkan KPU Jatim telah mengumpulkan KPU Kab/kota. se-Jatim untuk melaksanakan sosalisasi terkait Perppu Pilkada yang telah disetujui DPR RI menjadi Undang-Undang.

Komisioner KPU Jatim, Choirul Anam mengakui pihaknya telah mengumpulkan KPU Kab/kota se-Jatim untuk melakukan sosialisasi ke semua parpol terkait dengan telah disahkannya Perppu No.1/2014 oleh DPR RI. Namun demikian pihaknya optimis tahapan Pilkada akan berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU RI yaitu 26 Februari 2015 ini.

“Memang kami masih menunggu hasil revisi Perppu Pilkada oleh DPR RI yang selanjutnya diundangkan dan dimasukan dalam lembaran negara. Sesuai janji DPR RI, revisi akan selesai pada 18 Pebruari 2015. Kami akan melakukan tahapan Pilkada diantaranya pendaftaran calon sebelum penetapan dan penjadwalan,” ujarnya

Terkait soal janji DPR RI yang akan menyelesaikan revisi Perppu No.1/2014 tentang Pilkada pada 18 Februari mendatang. Sufyanto mengaku enggan berkomentar sebab Bawaslu dan KPU adalah penyelenggara Pilkada sehingga tidak etis berkomentar. “Kami ini penyelenggara, jadi apapun yang diputuskan oleh DPR RI kami siap melaksanakan,” tegasnya. (ang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s