Jalan dan Jembatan Mulus, Warga Magetan Puas

Sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) jalan dan jembatan dilebarkan

Sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) jalan dan jembatan dilebarkan

Magetan (Sergap) – Dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bidang Bina Marga Kabupaten Magetan, akan menambah lagi 2 UPTD PU BMCK, sehingga semuanya menjadi 6 UPTD PU BMCK. Sehingga setiap 1 UPTD akan menangani  3 wilayah kecamatan, yang semula 1 UPTD menangani 4 sampai 5 wilayah kecamatan.

Dengan demikian diharapkan pemeliharaan jalan dan jembatan dapat dilakukan dengan lebih optimal dan berkelanjutan, sehingga warga Kabupaten Magetan selalu dapat menikmati kondisi jalan yang mulus dan berkualitas prima.

Pada tahun 2015 yang akan datang, selain selain peningkatan dan pemeliharaan jalan, Dinas PU Bina Marga Kabupaten Magetan juga akan memprioritaskan pelebaran jembatan. Jembatan yang sempit dan tidak selebar jalan yang ada, selain berpotensi untuk menimbulkan kemacetan di saat lalu-lintas padat dan juga berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu-lintas.

Sementara di tahun 2014 ini, Dinas PU Bina Marga Kabupaten Magetan telah sukses menyelesaikan program pembangunannya yaitu, perubahan besar di jalan Duwet-Cempaka, Peningkatan jalan Kenthangan-Sukomoro.

Maryono, seorang sopir truk yang biasa melintas di Jembatan Semawur mengatakan,”Saya senang sekali, jembatan di Magetan sekarang sudah lebar-lebar. Dulu di Jembatan Semawur ini kalau lewat harus bergiliran. Sekarang perjalanan saya jadi lancar”.

Dengan terus tersenyum Maryono mengatakan, jika dulu hanya bisa jalan 2 rit, sekarang bisa dua kali lipat. “Dulu yang bisanya sehari hanya dapat 2 rit mengangkut batu, sekarang jadi bisa 4 rit,” tambahnya.

Kegembiraan juga dirasakan oleh Supri yang berjualan Es Degan di Jalan Sukomoro-Kenthangan. ”Dagangan saya sekarang jam 2 (jam 14.00) sudah habis. Biasanya sampai jam 5 (17.00) belum tentu habis. Sejak jalan Sukomoro-Kenthangan aspalnya lebih halus, makin rame yang lewat jalan ini dan yang mampir minum ke tempat jualan saya juga bertambah,”, kata Supri yang harus memberi nafkah kepada dua anaknya ini.

93 jalan kenthangan-sukomoro magetan

Mulusnya jalan jurusan Kenthangan – Sukomoro di Magetan

Dinas PU Bina Marga Kabupaten Magetan, pada tahun anggaran 2015 yang akan datang akan melaksanakan pembangunan jalan twin road yang sepanjang 2 Km dengan lebar 12 meter, di mulai dari Desa Bulu sampai Desa Pojoksari yang merupakan asset Pemerintah Kabupaten Magetan.

Pekerjaan pembangunan twin road akan diawali dengan penyiapan badan jalan sepanjang 2km, dengan pembatas berupa saluran di tengah-tengahnya.

Jalan twin road ini, merupakan jalan penghubung dengan Jalan Lintas Karisma Pawirogo. Jalan Lintas Karisma Pawirogo sendiri adalah jalan lintas antar kabupaten dan antar provinsi yang menghubungkan 7 kabupaten yaitu Karanganyar (Jawa Tengah), Wonogiri (Jawa Tengah), Sragen (Jawa Tengah), Magetan (Jawa Timur), Pacitan (Jawa Timur), Ngawi (Jawa Timur) dan Ponorogo (Jawa Timur). Nama Karisma Pawirogo merupakan akronim dari nama 7 kabupaten tersebut.

Di wilayah Kabupaten Magetan jalan-jalan yang nantinya akan terlewati jalan lintas Karisma Pawirogo, mulai tahun anggaran 2015 akan mulai dilakukan peningkatan jalah, setahap demi setahap. Jalan-jalan tersebut adalah jalur Parang-Poncol-Wonogiri dan Parang-Lembeyan-Ponorogo serta Parang-Kalipucang. (hadi/adv)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s