Banyak Gedung Pemkab Blitar Diduga Tak Ber-IMB

CONTOH BURUK. Kantor Bupati dan Sekretariat Daerah, di jalan Kanigoro Blitar. Belum punya IMB sudah tetapi sudah dibangun

CONTOH BURUK. Kantor Bupati dan Sekretariat Daerah, di jalan Kanigoro Blitar. Belum punya IMB sudah tetapi sudah dibangun

Blitar (Sergap) – Jika warga masyarakat mendirikan rumah dan belum punya Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), adalah sesuatu yang masih bisa dimaklumi, karena mungkin karena tak tahu. Bagaimana jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, membangun gedung dengan biaya puluhan milyar, dan ternyata belum ada IMBnya?

Tentu saja akan menjadi sangatlah lucu dan mengada-ada, jika alasannya tidak tahu. Karena peraturan tentang kewajiban mengantongi IMB ini, justru adalah sebuah Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Blitar Nomor 13 Tahun 2012, tentang Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Di dalam Perda yang dibuat bersama-sama oleh Pemerintah dan DPRD Kabupaten Blitar ini, pada intinya mewajibkan semua bangunan fisik permanen maupun semi permanen yang berdiri diatas tanah, untuk mengurus IMB sesuai kategorinya, sebelum pelaksanaan bangunan tersebut dikerjakan.

Beberapa bangunan gedung milik Pemkab Blitar, yang patut diduga tidak memiliki IMB, di antaranya adalah gedung Sekretariat dan Kantor Bupati, gedung Kantor Lingkungan Hidup, serta gedung Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Blitar. Semua gedung-gedung ini dibangun pada tahun anggaran 2014 ini.

Kepala Bagian Validasi Data, Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Kabupaten Blitar Basro, membenarkan bahwa IMB gedung Sekretariat dan Kantor Bupati Blitar, masih dalam proses. Sementara untuk Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil serta Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, satupun belum ada yang mengajukan perijinan IMB.

“Gedung Sekretariat dan Kantor Bupati Blitar, IMBnya masih dalam proses, sedangkan untuk gedung Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil serta Kantor Lingkungan Hidup belum masuk permohonan IMBnya. Tapi untuk jelasnya, menghadap saja ke kepala ya…”, kata Basro saat ditemui di ruang kerjanya.

Sementara itu, menurut informasi yang didapat Tabloid Sergap di lapangan, patut diduga pula bahwa gedung-gedung milik Pemkab Blitar, sangat diragukan memiliki IMB sebagaimana ketentuan Perda Nomor 13 Tahun 2012.

Ketika warganya, dikejar-kejar untuk mengurus IMB yang tentu saja harus membayar, dan belum tentu warga punya uang yang cukup. Sedangkan Pemkab Blitar sendiri, saat mendirikan bangunan dengan biaya puluhan milyar uang rakyat, ternyata belum/tidak ada IMBnya.

Maka tentu saja masyarakat akan bertanya-tanya, dikemanakan uang biaya pengurusan IMBnya? Demi pencegahan dan pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sudah selayaknya polisi dan/atau kejaksaan melakukan penyelidikan terhadap kasus ini. (oke)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s