Iklan “Nakal” Picu 517 Kecelakaan Lalin di Moskow

Iklan "nakal" penyebab hilangnya konsentrasi.

Iklan “nakal” penyebab hilangnya konsentrasi.

Sebuah iklan berukuran besar di sisi 30 truk di Moskow, dituduh sebagai penyebab lebih dari 500 kecelakaan lalu-lintas dalam satu hari di Moskwa, Rusia. Hal ini terjadi karena tayangan iklan itu memperlihatkan payudara wanita dan wara-wiri di jalan raya kota Moskow, sehingga mengganggu konsentrasi para pengendara, utamanya para sopir lelaki. Tercatat ada 517 kecelakaan yang diduga akibat dari “”iklan nakal” tersebut.

Iklan atraktif tersebut memperlihatkan payudara seorang wanita yang disangga dengan tangannya. Sebuah slogan yang bisa diterjemahkan dengan kata-kata “Mereka Menarik” terbaca tepat di atas gambar bagian puting.

Kampanye tersebut, yang dilakukan sebuah biro iklan yang mengkhususkan diri pada iklan bergerak, menjadi bumerang setelah polisi mengirim petugas patroli untuk mengumpulkan semua truk itu dan menyitanya sampai foto-foto itu disingkirkan.

Seorang pengendara, Ildar Yuriev (35), mengatakan, “Saya sedang dalam perjalanan ke pertemuan bisnis ketika saya melihat truk itu melintas, dengan foto besar payudara di sisinya. Lalu saya ditabrak oleh mobil di belakang saya yang mengatakan bahwa perhatiannya telah teralihkan karena gambar di truk tersebut. Hal itu membuat saya terlambat dan meninggalkan mobil saya di bengkel. Walau mobil saya diasuransikan, saya tetap keluar uang juga.”

Para pengemudi yang marah di Moskwa dilaporkan telah mendatangi biro iklan itu untuk menuntut kompensasi.

Juru bicara Sarafan Advertising Agency, yang menyelenggarakan promosi tersebut mengatakan, “Kami berencana untuk menawatkan format iklan baru ke pasar, mendorong perusahaan-perusahaan menempatkan iklan mereka di sisi truk, karena kami pikir akan menjadi alternatif yang baik untuk menempatkan iklan di sisi angkutan umum. Kami ingin menarik perhatian ke format baru itu lewat kampanye tersebut. Terkait kasus kecelakaan, para pemilik mobil akan menerima biaya ganti rugi dari kami yang tidak ditanggung oleh asuransi mereka,” jelasnya. (Tkr, sumber)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s