Prioritaskan Infrastruktur Dasar Untuk Masa Depan Teluk Bintuni

Salah satu sudut Kabupaten Teluk Bintuni yang sedang berkembang

Salah satu sudut Kabupaten Teluk Bintuni yang sedang berkembang

Sorong (Sergap) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Bintuni saat ini sedang memprioritaskan pembangunan di bidang Infrastuktur dasar. Prioritas ini bertujuan untuk mempercepat terwujudnya Terwujudnya Kabupaten Teluk Bintuni yang damai, maju, sejahtera, demokratis dan tangguh serta berdaya saing di atas landasan cinta kasih, kejujuran, keadilan dan kerja keras.

Semikian dikatakan oleh Bupati Teluk Bintuni, Drg. Alfons Manibui, DEES, di sela-sela mengikuti gelar acara Sail Raja Ampat 2014 di Wasai Kabupaten Raja Ampat, Sabtu (23/08/2014) yang lalu.

Dalam bidang Pendidikan dan Kesehatan, Pemkab Teluk Bintuni juga terus berupaya meningkatkan mutu pelaksanaan di lapangan, sehingga masyarakat betul–betul dapat manfaat program Pemkab Teluk Bintuni tersebut. Pemerintah Daerah. Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni terus berupaya Membangun Infrastruktur Dasar, Pendidikan, Kesehatan Dan Ekonomi Kerakyatan Masyarakat,

Lebih lanjut Pemkab Teluk Bintuni akan mengedepankan pengadaan angkutan pedesaan, baik itu di darat maupun di laut. Sehingga Masyarakat yang tinggal di pedesaan dapat lebih mudah menjual hasil panen mereka ke kota.

Tak dapat dipungkiri bahawa beberapa wilayah di Kabupaten Teluk Bintuni belum sepenuhnya dapat dijangkau melalui jalur darat. Namun Pemkab Teluk Bintuni telah mempersiapkan beberapa Kapal Konektif, bagi masyarakat yang bermukim di daerah pesisir Pantai.

Dalam meningkatkan pelayanan transportasi darat, Pemkab Teluk Bintuni sudah mempersiapan Angkutan Masyarakat Bintuni (AMB), untuk dalam kota menggunakan bus, sedangkan untuk luar kota menggunakan mini bus. “Untuk pengadaan bus-bus tersebut kita dibantu pengadaannya oleh LNG Tangguh. Kita akan segera melaunching dalam waktu dekat. Tinggal menunggu waktu saja”, kata bupati menjelaskan.

APBD Terbesar di Papua Barat

Masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni juga sudah bisa menikmati pasokan aliran listrik selama 24 jam, yang sumbernya berasal dari energi gas. Bupati mengatakan bahwa sumber dana yang digunakan adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang bekerjasama dengan British Pretoleum (BP) Tangguh. “Sumber daya alam dari Kabupaten Teluk Bintuni sendiri dan yang paling menonjol adalah gas,” kata Bupati menjelaskan.

Bupati Bintuni Drg. Alfons Manibui, DEES

Bupati Bintuni Drg. Alfons Manibui, DEES

Kabupaten Teluk Bintuni sudah mulai terima dana bagi hasil dari BP Tangguh cukup besar. Dana inilah yang akan dijadikan modal utama pembangunan infrastruktur dasar tersebut. “Cuma karena masih memakai keputusan Gubernur jadi pembagiannya 60-40, provinsi 60% sedangkan untuk Kabupaten Teluk Bintuni sendiri sekitar 40%, dalam setahun dana bagi hasil ini bisa mencapai Rp 1 trilyun lebih”, kata Bupati Alfons Manibui menjelaskan.

Ditambahkan oleh bupati, bahwa Kabupaten Teluk Bintuni juga mempunyai 9 HPH (Hak Pengelolaan Hutan, red). “Untuk kehutanan itu sendiri kita juga mendapat dana bagi hasil dalam setahunnya sekitar Rp. 20 milyar, sedangkan unuk bidang kelautan kita menerima sekitar Rp 2 milyar per tahun”, kata bupati bersemangat.

“Semuanya itu tergambar dalam PDRB (Produk Domestik Regional Bruto, red). Yang penting, bukan dengan niatan mengatakan bahwa kita ini kaya, tetapi untuk APBD yang terbesar di Papua Barat saat ini adalah Kabupaten Teluk Bintuni, dengan menembus angka Rp 1,3 sampai Rp 1,4 trilyun. Semoga dengan demikian, pembangunan di segala bidang di Teluk Bintuni dapat maju dengan cepat, untuk kesejahteraan masyarakat”, kata bupati dengan nada optimis. (jemmy)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s