Pemkab Kediri Ancam Perusahaan yang Tidak Memberikan THR

Edhi Purwanto, SH

Edhi Purwanto, SH

Kediri (Sergap) – Jelang Lebaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri, sudah memberikan instruksi pada sejumlah perusahaan, terkait pemberian tunjangan hari raya (THR) ataupun untuk parsel, demikian dikatakan oleh, Kabaghumas dan Protokl Pemkab Kediri, Edhi Purwanto, SH,  Senin, (7/7/2014).

Menurutnya Pemkab dalam awal puasa ini sudah memberikan edaran pada perushaan yang ada di Kabupaten Kediri. Surat edaran tersebut berisi agar perusahaan memberikan THR paling lambat 7 hari sebelum lebaran. Sementara bagi perusahaan yang melanggar, Pemkab tidak akan segan-segan memberikan sanksi. Sanksi tersebut berdasarkan berat tidaknya pelanggaran. ”Sanksi paling berat ya dicabut hak usahanya,” ujarnya.

Edhi menambahkan, selain memberikan THR, perusahaan juga di instruksikan agar juga memberikan Parsel pada karyawannya. Akan tetapi hal itu berdasarkan kemampuan perusahaan. Pemkab tidak berhak ikut campur dalam hal itu. ” Ya kalau perusahaan mampu, ya juga perlu memberikan Parsel,” ujarnya lebih lanjut.

Sebagaimana auturan yang berlaku, pemberian tunjangan itu berdasarkan masa kerjanya. Menurutnya minimal 3 bulan bekerja berturut-turut, karyawan sudah berhak untuk mendaptkan pesangon. Sementara bagi karyawan sudah bekerja selama satu tahun, untuk tunjangan, besarnya satu kali gaji. ”Kalau besarnya berapa rupiah, itu tergantung kekuatan perusahaan masing-masing,” kata Kabaghumas dan Protokol menambahkan.

Edhi menegaskan kalau pihaknya akan melakukan pemantauan pada sejumlah perusahaan, apakah karyawan benar-benar telah mendapatkan THR. (dick/hms)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s