Call Center 500210 Layanan Baru Polda Jatim

Surabaya (Sergap) – Polda Jatim segera membuka layanan baru Call Center 500210, melengkapi Call Center 110 yang sudah ada sebelumnya. Bedanya, 110 bersifat emergency seperti laporan peristiwa dan sebagainya, sedangkan 500210 bersifat lebih informatif dan edukatif.

89 call center 110

Call Center Kepolisian

Call Center 500210 dapat dihubungi untuk melapor, menanyakan perkembangan penanganan kasus, tanya soal Tilang, SKCK, SIM, STNK, atau butuh informasi lain yang berhubungan dengan polisi.

Program Call Center ini merupakan yang pertama di Indonesia. Baru Polda Jatim yang memilikinya. Dan rencananya, program layanan Call Center tersebut bakal diluncurkan bulan depan.

Perangkatnya sudah ada. Termasuk di Polda Jatim dan di semua Polres jajaran. Dan sekarang ini, masih dalam proses mempersiapkan personilnya,” kata Kabid TI Polda Jatim, Kombes Pol Yoyok Subagyono, Kamis (17/4/2014).

Jika layanan 110 penangannya dilakukan secara outsorching, untuk CallCenter 500210 ditangani langsung personel polisi. Di masing-masing Polres, bakal ada tiga petugas yang khusus menerima telepon dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari warga.

“Selama 24 jam penuh. Ada tiga sift, dan masing-masing sift tiga personel. Saat ini, terhitung ada sekitar 500 personel dari semua Polres jajaran mengikuti pelatihan yang digelar di kantor PT. Telkom di Ketintang, Surabaya,” sambungnya.

Untuk mendukung kegiatan yang menjadi pilot project kepolisian di Indonesia itu, Polda Jatim memang menggandeng Telkom selaku penyedia fasilitas. Dan, dari setiap telepon yang masuk tetap akan dikenakan pulsa. Tetapi hanya dikenakan tarif lokal meski menghubungi dari luar kota.Menurut Yoyok, itu dilakukan untuk menghindari telepon “sampah” yang banyak diterima oleh agent 110.

Layanan ini tidak hanya bisa diakses oleh warga yang berdomisili di Indonesia saja, 500210 juga bisa diakses dari luar negeri. Misalnya oleh TKI dan TKW yang ingin mendapat informasi tentang kepolisian di daerah asalnya. Tarifnya sama, tetap lokal. (ang)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s