Jangan Main-Main Dengan Bantuan Bencana Alam

Arminsyah, SH, MSi

Arminsyah, SH, MSi

Surabaya (Sergap) – Melihat tingginya potensi penyelewengan terhadap penyaluran dana bantuan bagi korban bencana letusan Gunung Kelud, maka Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim)  akan menurunkan jaksa intelijen untuk mengawasinya dan akan menuntut hukuman mati bagi para pelakunya.

“Bantuan untuk korban bencana alam memang rawan untuk dikorupsi. Untuk itu, ada pemantauan dari jaksa intel terkait bantuan ini,” ujar Kepala Kejati (Kajati) Jatim, Arminsyah di kantornya, Kamis (20/2/2014). Namun Kajati menambahkan bahwa dalam pemantauan itu Kejati Jatim memang belum menemukan indikasi korupsi pada bantuan bencana alam, khususnya bantuan untuk erupsi Gunung Kelud.

Kajati juga berharap masyarakat ikut memantau proses penyaluran bantuan untuk pengungsi Gunung Kelud itu. “Kalau mengandalkan personel dari jaksa intelijen, nantinya yang diawasi jadi terbatas karena terbatasnya jumlah personel. Makanya, kami berharap bantuan dari masyarakat juga,” katanya berharap.

Tentang ancaman hukuman mati untuk bantuan bencana yang dikorupsi, Kajati mengatakan dasar hukumnya adalah pasal 2 ayat (2) Undang-Undang Nomor 31 Tahun1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor  21 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi.

Pada pasal tersebut disebutkan bahwa dalam hal tindak pidana korupsi dalam keadaan tertentu, maka pidana mati dapat dijatuhkan. “Dalam penjelasannya, ‘keadaan tertentu’ itu berarti dalam keadaan bahaya atau bencana alam. Makanya, jangan main-main dengan korupsi bantuan bencana alam,” kata Kajati menegaskan.

Tak hanya tindak pidana korupsi pada bantuan bencana alam, pada tindakan kriminal umum (tindak pidana umum), misalnya pencurian ketika Gunung Kelud meletus juga akan ada pemberatan hukuman. “Sesuai pasal 63 ayat 1 ke-2 KUHP, maka pencurian saat gunung meletus ada pemberatan hukuman menjadi tujuh tahun”, kata Kajati menjelaskan. (yit)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s