Bupati Kediri Ajak Pengusaha Perbaiki Rumah Korban Letusan Kelud

Bupati dr. Hj. Haryanti mengamati batu yang dilontarkan G Kelud

Bupati dr. Hj. Haryanti mengamati batu yang dilontarkan G Kelud

Kediri (Sergap) – Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, Minggu (23/2/2014) mengajak pengusaha untuk bergabung dalam memperbaiki rumah warga yang rusak akibat letusan Gunung Kelud.

Dalam kesempatan ini Bupati mengajak para pengusaha tersebut untuk turun langsung ke Kecamatan Puncu sehingga mengetahui keadaan di wilayah yang akan diperbaiki. “Saya berharap ketika warga pulang dari pengungsian rumah mereka sudah bagus dan tidak bocor,” kata bupati menjelaskan.

Demi peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya korban letusan Gunung Kelud,  bupati Kediri terjun langsung mengunjungi rumah warga serta mendata rumah–rumah yang rusak, baik dalam katagori rusak ringan maupun rusak berat.

Bupati sangat berharap pendataan yang berdasarkan nama dan alamat agar diketahui dengan benar  jumlah kekurangan genting yang dibutuhkan untuk membantu warga.

5 Juta Genteng

Sebagaimana diketahui bahwa rumah rusak akibat letusan Gunung Kelud berjumlah lebih dari 13.000, yang memerlukan perhatian serius dari Pemkab Kediri. Dengan masih rusaknya rumah mereka, maka banyak pengungsi yang masih bertahan di posko-posko pengungsian.

“Untuk rekonstruksi rumah warga perlu 5 juta genteng, sehingga bantuan yang sangat diperlukan saat ini adalah bantuan berupa material untuk bangunan,” kata Edhi Purwanto, SH. Kabag Humas Pemkab Kediri kepada Tabloid Sergap.

Letusan dahsyat Gunung Kelud pada malam Jumat Wage, 13 Februari 2014 itu telah menyebabkan 87.629 penduduk yang terpaksa harus mengungsi. Mereka tersebar di Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, Kota Batu dan Kabupaten Jombang.

Pengungsi di Kabupaten Kediri ada 39.018 jiwa, tersebar di 82 lokasi pengungsian. Kota Batu menampung 14.559 jiwa tersebar di 45 lokasi pengungsian. Kabupaten Blitar terdapat 8.193 jiwa pengungsi. Kabupaten  Malang ada 25.151 jiwa yang tersebar di 81 lokasi pengungsian dan di Kabupaten Jombang ada 708 jiwa tersebar di 4 lokasi pengungsian.  (dick- hms)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s