Kejaksaan Tahan Anggota DPRD Tulungagung, Kapan Ketuanya Menyusul?

88 edi tetuko

Edi Tetuko

Tulungagung (Sergap) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tulungagung , hari Selasa (04/01/2014) menahan Anggota DPRD Tulungagung Edi Tetuko, yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah PSSI 2011 senilai Rp1,7 miliar. Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tulungagung, I Made Murtika sebenarnya sudah memberikan isyarat tentang rencana penahanan tersebut pada akhir 2013 dan awal Januari 2014.

Edi Tetuko akan ditahan oleh pihak kejaksaan terhitung tanggal tanggal 4 hingga 24 Februari 2014. Tim Kejaksaan menjemputnya sekitar jam 11.00 dan langsung membawanya ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tulungagung.

Kajari Tulungagung melalui Kasipidsus Wahyu P, SH mengatakan, ‘’ Setelah dilakukan penahanan, selanjutnya akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Surabaya, sebelum masa penahanannya habis selama 20 hari. Saat ini sudah tahap II untuk pemeriksaan tersangka dan barang bukti sudah dinilai cukup’’.

Selain anggota DPRD 2010-2014, Edi Tetuko adalah Sekretaris Pengurus Cabang PSSI Tulungagung periode 2010-2014. Edi disangkakan telah menyalahgunakan dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang diterima Pengcab PSSI melalui KONI Kabupaten Tulungagung sebesar Rp1,7 miliar.

Dari total anggaran tersebut, jelas Kasipidsus, hanya sebesar Rp500 juta yang bisa dipertanggungjawabkan. Selebihnya digunakan untuk membiayai kegiatan yang tidak pernah ada (fiktif). Jaksa melakukan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket) sejak Desember 2010 dan menindaklanjuti dengan penyelidikan pada Maret 2011. “Tersangka Edi Tetuko diduga memakai uang sekitar Rp290 juta dari nilai dana yang digelontorkan pemda ke PSSI”, tambah Kasipidsus.

Sebelumnya, Bandahara Cabang PSSI Tulungagung Aang Pungky sudah diadili dan sudah divonis 3,5 tahun penjara.

Selain Aang Pungky dan Edi Tetuko, Kejari juga sudah menetapkan Ketua DPRD Tulungagung, Supriono sebagai tersangka dalam kasus yang sama. Namun sampai saat ini Supriono belum ditahan.

Kepada Tabloid Sergap, Wahyu P, SH mengatakan terkait tersangka Supriono, pihaknya masih menumpulkan tambahan alat bukti. “Kami konsentrasi dulu ke tersangka Edi Tetuko, karena banyak kesaksian yang mengarah kepadanya. Dari persidangan ini, kita harap ada penambahan alat bukti. Yang pasti kami akan mengusut kasus ini sampai tuntas”, katanya menegaskan. (rohman)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s