Hari Ini Gunung Kelud Berstatus Waspada

Kubah lava Gunung Kelud

Kubah lava Gunung Kelud

Kediri (Sergap) – Gunung Kelud salah satu gunung api aktif yang terletak di ujung timur Kabupaten Kediri, Jawa Timur, pagi ini statusnya meningkat satu level dari normal aktif menjadi waspada. Dengan demikian maka daerah dalam radius 2 kilometer dari lokasi gunung saat ini dikosongkan.

“Gunung Kelud per pagi hari ini dinaikkan statusnya menjadi waspada,” kata Khoirul Huda, Kepala Pos Pantau Gunung Kelud, Minggu (2/2/2014). Implikasi peningkatan status itu, kata Khoirul, adalah rekomendasi sterilisasi wilayah dari aktivitas warga. “Dengan rekomendasi pengosongan radius 2 kilometer,” imbuhnya.

Plt Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri, Edhi Purwanto, SH mengatakan, pasca adanya peningkatan itu, maka Pemkab Kediri segera menindaklanjuti dengan menutup pintu gerbang menuju kawasan wisata Gunung Kelud. “Kita sudah menutup gerbang dalam radius dua kilometer,” kata Edhi.

Ditambahkan oleh Edhi, bahwa dalam radius dua kilometer dari kawah gunung itu tidak ada permukiman penduduk. Aktivitas yang ada rata-rata adalah para pengunjung wisata Gunung Kelud.

Gunung Kelud mempunyai ketinggian 1.731 meter dari permukaan laut dan termasuk gunung berapi sangat aktif. Posisinya berada di perbatasan Kabupaten Kediri, Blitar dan Malang.

Pada 2007 yang lalu Gunung Kelud pernah dalam status awas, namun tidak terjadi erupsi, tetapi danau kawah yang berisi jutaan kubik air lenyap dan berubah menjadi kubah lava yang dinamakan Anak Gunung Kelud. Fenomena aneh ini, kemudian menarik minat para ahli vulkanologi dari Belgia, Perancis dan Jepang untuk menelitinya. (tkr)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s