Upacara dan Kenduri Rakyat HUT Pemkab Blitar ke 183

Bupati Blitar H. Herry Noegroho, SE, MH, Wakil Bupati Drs. Rijanto, MM dan Ketua DPRD Kabupaten Blitar Guntur Wahono, SE dalam Kenduri Rakyat.

Bupati Blitar H. Herry Noegroho, SE, MH, Wakil Bupati Drs. Rijanto, MM dan Ketua DPRD Kabupaten Blitar Guntur Wahono, SE dalam Kenduri Rakyat.

Blitar (Sergap) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar mengadakan apel untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 183 tahun Kabupaten Blitar di lapangan Kenongo Kecamatan Wlingi. Apel kali ini sangat berkesan bagi seluruh pegawai di lingkup Pemkab Blitar, pasalnya selain baru pertama kali digelar sebagai upaya penelusuran sejarah kabupaten apel kali ini juga di akhiri dengan kenduri rakyat di lokasi setempat. Upacara juga digelar di masing-masing wilayah, sehingga masyarakat mengetahui hari jadi yang sesungguhnya Kab Blitar. Tampak hadir pula Forum pimpinan daerah (Forpimda), dan ketua DPRD Kab Blitar Guntur Wahono, SE, dan Bupati Blitar H. Herry Noegroho SE, MH, bertindak sebagai inspektur upacara.

Bertemakan “Dengan Semangat HUT Pemkab Blitar ke 183 tahun 2013, Kita Tingkatkan Pelayanan Publik Menuju Tata Kelola Pemerintahan Daerah yang Baik (Good Local Governance)”. Bupati mengajak kepada seluruh jajaran kepala SKPD untuk dapat memotivasi satuannya masing-masing dalam peningkatan mutu layanan.

Terlebih pada tahun 2013, Kab. Blitar telah panen prestasi di tingkat regional maupun nasional. Semangat harus terus ditingkatkan terlebih menyongsong tahun baru, harus lebih baik dari pada sebelumnya. Ditegaskan pula oleh bupati bahwa dalam masa pemerintahannya menjadi momentum pelurusan sejarah. Sebab bupati-bupati terdahulu belum pernah mencoba untuk melihat kembali sejarah yang sebenarnya dari Pemkab. Blitar ini. Sehingga dari Pemerintahan yang satu hingga sebelumnya tidak pernah ada yang tergugah untuk mengembalikan hal ini. “Generasi penerus yang baik, adalah yang mau belajar dari sejarah dan pengalaman. Dengan pelurusan sejarah ini, semoga menjadi motivasi bersama untuk lebih baik” jelas bupati dalam pidatonya.

Di masa mendatang peringatan HUT Kabupaten Blitar pada tanggal 31 Desember menjadi agenda tahunan Pemerintah dan masyarakat Kab. Blitar. “Kali ini selain apel juga doa bersama ditutup dengan kenduri atau tasyakuran” terang bupati yang akrab disapa kang Herry.

Dalam apel tersebut juga diserahkan berbagai piagam penghargaan kepada perwakilan masyarakat atau sekolah yang berprestasi. Diantaranya kepala sekolah Adiwiyata Nasional, sekolah Adiwiyata Mandiri, Pemuda Pelopor, dan lain-lain.

Perlu diketahui bahwa, dari proses penelusuran yang dilakukan oleh tim Pemkab. Blitar dari berbagai referensi didalam negeri hingga sampai di negeri Belanda, ditemukan sejarah panjang berdirinya Kabupaten Blitar, yang tidak bisa dilepaskan dari Perang Diponegoro atau Perang Jawa (De Java Orloog). Karena dari titik terjadinya perang ini yang berakhir dengan kekalahan pihak Pangeran Diponegoro. Kekalahan tersebut membuat Belanda berkesempatan untuk menguasai Jawa sebagai bagian dari Pemerintahannya. Salah satu strategi untuk melanggengkan kekuasaan adalah, penataan Pemerintahan Bumi Mancanegara Wetan termasuk Blitar. Untuk melaksanakan niatnya itu pada tanggal 13–14 Juli 1830, Belanda mengadakan pertemuan di Pendopo Sepreh, Berbek, Nganjuk, Jawa Timur. Pertemuan ini diikuti oleh 23 Bupati dari Residen Madiun dan Kediri, hingga Bupati dari wilayah Kesultanan Yogyakarta, Kasunanan Surakarta dan wilayah lainnya.

Dari penelusuran sejarah yang dilakukan melalui surat perintah Hindia Belanda Y.1 La, A. No. 1 di Semarang tanggal 31 Agustus 1830, tentang resolusi pembagian dua Karesidenan Madiun dan Kediri, yang tertuang dalam ketetapan resolusi tanggal 31 Desember 1830, nomor 10, isinya antara lain pembagian beberapa kabupaten dalam dua residensi, dan salah satu kabupaten karesidenan Kediri adalah Kabupaten Blitar. “Sejarah harus benar-benar lurus, sehingga generasi muda semakin semangat menyongsong masa  depannya”, tegas Kang Herry serius. (oke)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s