Ketika Nikah dan Rujuk Gratis Diluncurkan di Kota Blitar

Walikota Blitar (tengah) saat menyaksikan Nikah Gratis di rumah Sutikno

Walikota Blitar (tengah) saat menyaksikan Nikah Gratis di rumah Sutikno

Blitar (Sergap) – Setelah jumpa Pers program nikah gratis pada hari Senin tanggal 23 Desember 2013 di salah satu rumah makan terkenal di jalan Kalimantan Blitar, di awal tahun baru 2014 tepatnya hari Rabu, 1 Januari 2014 Program Nikah Gratis dan Rujuk Gratis benar-benar diwujudkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar yang memeng tidak henti-hentinya membuat program-program APBD Pro Rakyat.

Walikota Blitar Muh. Samanhudi Anwar, SH bersama para pejabat di lingkup Pemkot Blitar mendatangi langsung acara Ijab Kabul dalam rangka pelaksanaan nikah gratis. Sebelumnya Walikota Blitar juga menyerahkan 3 unit sepeda motor untuk kendaraan operasional kepada Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kota Blitar.

Dengan disaksikan oleh seluruh pejabat lingkup Pemkot. Blitar, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Blitar Imam Muchlis, Kabid Binmas dan Syariah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Nur Cholis. Penyerahan kendaraan  operasional tersebut sebagai salah satu wujud memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Pemkot Blitar dan Kemenag untuk mensukseskan program nikah dan rujuk gratis.

Usai itu rombongan Walikota dan pejabat ini langsung menuju ke rumah Satori, warga Jalan Cilincing, Kelurahan Bendo Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar, lokasi pertama nikah gratis.

Walikota Blitar tampak gembira dan mengucapkan selamat kepada kedua mempelai yang lancar mengucapkan ijab kabul. “Inilah bentuk riil APBD Pro Rakyat, bukan hanya pendidikan dan kesehatan saja yang gratis untuk warga saya, tapi nikahpun gratis. Saya ingin semua warga saya sejahtera” kata Walikota Muh. Samanhudi Anwar.

Selanjutnya Walikota mengatakan bahwa salah satu tujuan program nikah dan rujuk gratis ini adalah agar dapat menghilangkan perzinaan dan perselingkuhan. Bagi kaum muda di Kota Blitar, yang memang sudah siap menikah, difasilitasi penuh dengan nikah gratis.

“Mulai biaya pencatatan, biaya Modin, sampai Kembar Mayang, kami akomondir dari APBD. Jangan dilihat nominalnya, namun bagaimana program ini berjalan bagi seluruh warga Kota Blitar yang prosesi menikahnya di Kota Blitar”, kata Walikota.

Pemkot Blitar juga sedang mengkaji untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang Ijab Siri. Walikota mengungkapkan bahwa Perda tersebut nantinya mengatur agar tidak ada lagi pernikahan siri yang berlangsung di Kota Blitar. Semua warga Kota Blitar di wajibkan menikah resmi bukan siri atau dibawah tangan. “Ini upaya menghilangkan perselingkuhan”, jelas Walikota Blitar.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Jatim melalui Kepala Kantor Kemenag Kota Blitar Imam Muchlis, mengapresiasi program nikah gratis ini. Program ini merupakan wujud nyata meningkatkan kesejahteraan rakyat dan menyentuh langsung kehidupan masyarakat. Pihaknya siap mendukung penuh program tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yakni Perwali Nikah Gratis. “Sambil menunggu regulasi dari pusat, kami siap melaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku”, kata Imam Muchlis.

Terkait dengan pemberian kendaraan operasional bagi seluruh Kepala KUA di Kota Blitar, pihaknya juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik ini, hal ini menjadi pendorong dan motivasi bagi KUA. “Sebagai pendorong kelancaran pelaksanaan tugas, semoga terus dapat bermanfaat” tandas Imam Muchlis.

Usai dari Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul rombongan Wali Kota menuju ke lokasi kedua yang berada dirumah Sutikno Jalan Kali Abab, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo. Dan terakhir menuju ke KUA Sananwetan untuk meninjau pelaksanaan akad nikah. “Saya sangat berterima kasih kepada Pak Wali, semoga terus ada program-program untuk rakyat kecil yang dapat menyentuh langsung” kata Satori orang tua salah satu mempelai difasilitasi nikah gratis. (oke)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s