Lantai III Mapolda Jatim Terbakar

Lantai III Gedung Ditreskrimum Polda Jatim

Lantai III Gedung Ditreskrimum Polda Jatim

Surabaya (Sergap) – Sebuah ruangan Sub Direktorat (Subdit) Harta Tanah dan Bangunan yang terletak di Lantai III, gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kepolisian Daerah Jawa Timur di Jalan Ahmad Yani, Surabaya terbakar, Minggu sore, 12 Januari 2013, sekitar pukul 15.00 WIB. Untunglah, satu jam kemudian api berhasil dipadamkan, setelah dikerahkan sekitar tujuh unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkannya.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombespol Awi Setiyono mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Namun, ia belum bisa memastikan apa saja yang terbakar dan seberapa parah kebakaran yang terjadi. Saat ini, tim laboratorium forensik masih menyelidikinya.

Hingga kini, katanya, penyebab kebakaran belum diketahui, karena petugas masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), namun sejumlah dokumen di ruang itu pun ludes terbakar.  “Api muncul dari salah satu ruang di lantai tiga sekitar pukul 15.00 WIB, tapi baru dapat dipadamkan satu jam kemudian. Tim Labfor Polri Cabang Surabaya masih olah TKP, maka berapa banyak berkas atau dokumen kasus-kasus di ruangan itu yang hangus terbakar juga belum diketahui,” kata Kabid Humas menambahkan.

Petugas pemadam kebakaran Pemkot Surabaya sudah melakukan pembasahan ruangan itu, sedangkan puluhan Sabhara terlihat siaga di lokasi kejadian. “Yang jelas, kebakaran terjadi pada saat liburan dan tidak kegiatan apapun di ruangan itu, sehingga kerugian materi saja yang ada, sedangkan korban jiwa tidak ada,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono dan Wakapolda Jatim Brigjen Pol Suprodjo WS terlihat memantau lokasi kebakaran di ruangan yang berukuran sekitar 3×4 meter persegi itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya Chandra Oratmangun mengatakan ruang yang terbakar berukuran sekitar 4×6 meter persegi yang berada di lantai III. “Sudah dilakukan pembasahan. Api sudah padam,” kata Chandra.
Dinas PMK Kota Surabaya langsung mengerahkan sembilan unit mobil PMK dan satu unit mobil tangga. Dari sembilan unit kendaraan yang diterjunkan, hanya tiga media saja yang terpakai. “Hanya tiga unit yang terpakai plus mobil tangga karena kebarakan berada di lantai III,” katanya.

Karena pembasahan sudah dilakukan, delapan mobil PMK telah ditarik dan hanya meninggalkan satu unit kendaraan saja untuk tetap berada di markas Polda Jatim untuk mengantisipasi api muncul kembali. (ang)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s