Kapolda Jatim Perintahkan Siaga I

Polisi tampak melakukan oleh TKP

Polisi tampak melakukan oleh TKP

Malang (Sergap) – Dalam upaya untuk mempersempit ruang gerak pelaku peledakan ATM Bank Mandiri Karangploso, Kabupaten Malang, maka Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono memerintahkan seluruh jajaran Polda Jatim untuk memberlakukan Siaga I. “Semua sudah saya instruksikan Siaga 1, pasca ledakan ini,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono usai mendatangi lokasi kejadian, Kamis (9/1/2014) malam.

Kapolda juga menambahkan bahwa pihaknya telah meminta kepada Mabes Polri untuk mendukung pengungkapan identitas pelaku peladakan ini. “Kami meminta Mabes Polri memback up penyelidikan ini, agar dapat mempercepat pengungkapan identitas pelakunya” imbuhnya.

Menjawab pertanyaan wartawan, Kapolda juga menjelaskan bahwa terkait dengan pengungkapan polisi masih intensif mempelajari rekaman CCTV yang sempat merekam pelakunya. “Masih dipelajari terus rekaman CCTV sempat merekam pelaku. Hasilnya nanti kita sebar ke masyarakat untuk membantu kami,” jawab mantan Kepala Korps Brimob Polri ini menjelaskan.

Polisi berhasil memutar ulang rekaman CCTV kejadian bom yang meledak di ATM Bank Mandiri Karangploso, Kabupaten Malang pada Kamis (9/1/2014) pukul 02.30 WIB. Dari rekaman CCTV diketahui bom berdaya ledak rendah itu diletakkan oleh dua orang pengendara motor.  Pelaku tampak datang dan dengan santai meletakkan sebuah barang yang diduga kontainer berisi bom tersebut dengan mengendarai motor matic. Mereka mengenakan helm sehingga wajah keduanya tak terekam kamera. Setelah meletakkan sebuah barang di dalam mesin ATM, pengendara motor itu meninggalkan lokasi kejadian.

Tanpa jeda waktu lama setelah pengendara motor pergi, lanjut dia, ledakan keras terjadi hingga menghancurkan ruang ATM. “Pelaku ini mengenakan helm, memakai kaos putih dan celana biru, dan tinggi badan sekitar 165 centimeter,” ungkapnya.

Polisi berhasil mendapatkan rekaman aktivitas pelaku dari CCTV BPR Sukorejo Makmur yang berada tepat di seberang jalan lokasi ATM Bank Mandiri. Dalam rekaman itu, mencatat ledakan terjadi sekitar pukul 02.16 Wib. Dalam rekaman juga terlihat hancurnya ruang ATM, termasuk pintu terlempar sejauh 1 meter. CCTV ATM Mandiri ikut terlempar beruntung masih bisa disita untuk diselidiki.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Awi Setiyono membenarkan hal ini. Menurutnya, dari rekaman CCTV yang diamankan. “Rekaman CCTV sempat merekam aktivitas orang yang diduga ketika datang dan meletakkan bom,” ujarnya terpisah.

Polisi berhasil mendapatkan rekaman aktivitas pelaku dari CCTV BPR Sukorejo Makmur yang berada tepat di seberang jalan lokasi ATM Bank Mandiri. Dalam rekaman itu, mencatat ledakan terjadi sekitar pukul 02.16 Wib. Setiap detil rekaman CCTV, sedang dipelajari termasuk diketahui pengendara motor itu meninggalkan lokasi menuju arah Kota Batu itu. (tim)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s