Diduga Korupsi, Mantan Walikota Malang Diperiksa Jaksa

Peni Suparto. mantan Walikota Malang

Peni Suparto. mantan Walikota Malang

Malang (Sergap) – Setelah lengser diduga terjerat kasus korupsi, seakan-akan menjadi fenomena para pejabat di era Reformasi ini. Demikian pula yang saat ini terjadi pada mantan Walikota Malang Peni Suparto.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang telah memanggil Peni Suparto pada Jumat (3/01/2014), terkait dengan adanya dugaan mark up pada proyek pengadaan lahan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Malang, Munasim, SH  mengungkapkan bahwa kepada Peni Suparto diberikan lebih dari 25 pertanyaan mengenai dugaan markup pengadaan lahan tersebut. Antara lain mengenai perencanaan proyek hingga pengawasan internal pemkot. “Saat proyek pengadaan lahan RSUD Kota Malang di tahun anggaran 2013, dan Peni Suparto bertindak selaku penanggungjawab pengelolaan keuangan daerah,” ujar Kajari Kota Malang menjelaskan.

Dalam pemeriksaan tersebut, Peni Suparto juga dimintai keterangan mengenai dasar penentuan lokasi pembangunan RSUD di Bumiayu. “Berdasarkan data yang kami miliki, Pemkot Malang sebenarnya memiliki lahan seluas 16 hektare di Kelurahan Kedungkandang. Seharusnya lahan tersebut bisa dipakai untuk pembangunan rumah sakit sejak awal tanpa perlu membeli lahan baru. Kami hanya ingin tahu mengenai proses penganggaran, karena proses pengadaan tanah sudah sesuai prosedur. Jika tak ada masalah kasusnya ditutup,” katanya.

Sebelumnya, Kejari juga telah memanggil Sekretaris Kota (Sekkota) Malang M. SHofwan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Supranoto, Tim Aprisial Independen, Lurah Bumiayu, Ketua Komisi A DPRD Kota Malang, serta Yohanes selaku pemilik lahan. “Kami akan meminta bantuan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Timur atau BPN Kota Malang untuk mengetahui alur pengadaan lahan,” tandasnya.

Sampai dengan berita ini ditulis, Peni Suparto tak dapat dikonfirmasi mengenai pemanggilannya ke kejaksaan itu. (en)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s