TPP Nunggak, Ribuan Guru Pamekasan Mengeluh

84 Tunjangan_Guru

Tujangan Profesi Pendidikan (TPP) sering telat dibayarkan

Pamekasan (Sergap) – Ribuan guru yang berhak mendapatkan Tunjangan Profesi Pendidikan (TPP) di lingkup Dinas Pendidikan Pamekasan, mengeluhkan belum cairnya TPP sisa tahun anggaran 2011 dan 2012. Hingga kini para guru yang jumlahnya mencapai hampir 3.000 orang itu belum tahu dan tidak memperoleh kepastian waktu pembayarannya. Apakah dibayarkan anggaran 2013 ini atau tidak. Mereka berharap dana tunjangan yang berasal dari anggaran pemerintah pusat itu segera cair, karena sangat dibutuhkan.

“Saya bukan menuntut, hanya butuh kepastian kapan hak guru guru itu bisa dibayar. Karena selama dua tahun sebelumnya selalu ada yang nunggak. Kami juga berharap pemerintah tidak lagi menunggak pembayaran tunjangan profesi guru untuk anggaran tahun ini. Sebab, jika kondisi itu terulang setiap tahun, guru guru yang memiliki sertifikat sertifikasi sangat dirugikan,” kata Mahmudi, salah seorang guru SD di Pamekasan, Selasa (20/8/2013).

Bagian Keuangan Dinas Pendidikan Pamekasan, Kusfandi, belum memastikan kapan waktu pembayaran tunggakan dana itu. Sebab hingga kini pihaknya belum memperoleh kepastian dari pemerintah pusat apakah dana itu bisa dilunasi tahun ini atau tidak.

Dia mengatakan bahwa dari pembayaran  tahun anggaran 2011 dan 2012 lalu sebenarnya masih ada sisa dana, namun belum cukup untuk membayar keseluruhan tunggakan pada tahun itu. Sehingga dana itu ditunda pencairannya dan diakumulasikan karena tidak cukup.

Jika mencukupi untuk membayar tunggakan itu, akan diupayakan untuk melunasi tunggakan Nopember dan Desember 2011. Meski demikian, pembayaran itu tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat, tetapi masih menunggu pelunasan untuk jatah tahun anggaran 2013.

“Pembayaran tahun anggaran 2013 akan kami prioritaskan. Setelah itu akan kami hitung sisanya untuk mencicil tunggakan 2011 dan 2012. Petunjuknya dari pusat memang seperti itu. Perhitungan sementara, dana tunjangan profesi 2013 bisa mencukupi pembayaran selama satu tahun,” katanya.

Jumah dana yang masuk dan tersedia untuk anggaran tahun 2013, kata Kusfandi, telah mencapai Rp 145 miliar. Jumlah ini diperkirakan masih sisa, yang mungkin bisa melunasi tunggakan anggaran tahun 2011 dan tahun 2012. (sal)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s