Jalur Lintas Selatan Pacitan-Sidomulyo Diresmikan

Pacitan (Sergap) – Dua proyek infranstruktur senilai Rp 402 miliar di Kabupatan Pacitan diresmikan. Dua proyek tersebut, yakni Jalan Lintas Selatan (JLS) yang menghubungkan Pacitan-Sidomulyo serta prasarana air bersih di Kecamatan Maron.

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, Kamis (22/8) dalam acara peresmian yang dipusatkan di Pantai Soge, Sidomulyo mengatakan, JLS Pacitan memiliki panjang 30.91 km dan dibangun selama empat tahun dari tahun 2008 sampai 2012 dengan total dana dari APBN senilai Rp 380,99 miliar. Jalan tersebut dilengkapi 9 jembatan sepanjang 510 meter.

Ruas Jalur Lintas Selatan di tepian Pantai Soge Pacitan

Indahnya ruas Jalur Lintas Selatan di tepian Pantai Soge Pacitan

Sembilan jembatan tersebut, meliputi Jembatan Gawang I dan II, Overpass Gayam, Jembatan Kakap, Jembatan Wora Wari, Jembatan Padi Dangkal, Jembatan Balang, Jembatan Soge I dan Jembatan Soge II. “Keberadaan JLS diharapkan dapat mempermudah aksesbilitas dan mempersingkat waktu tempuh dari Hadiwarno ke Pacitan yang hanya 30 menit dari semula 1 jam lebih,” katanya.

Infrastruktur lain yang juga diresmikan yakni prasarana air bersih sumber air di Maron. Dalam proyek tersebut pemerintah pusat mengalokasikan Rp 21,06 miliar untuk pembangunan Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) dengan kapasitas 50 liter per detik. “Pembangunan infrastruktur ini semoga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi pemerataan pembangunan wilayah dan kesejahteraan masyarakat Pacitan,” katanya.

Dikatakannya, infrastruktur merupakan salah satu syarat penting dalam mendorong perkembangan suatu wilayah. Oleh karena itu, sudah menjadi komitmen pemerintah untuk mendukung pembangunan infrastruktur guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Tahun ini, Kementerian PU telah mengalokasikan dana untuk pembangunan infrastruktur PU di Jawa Timur sebesar Rp 2,9 triliun. Dana tersebut dipergunakan untuk program penyelenggaraan jalan nasional dan pengelolaan sumber daya air. Pada 2014, pemerintah akan menganggarkan dana senilai Rp 2,925 triliun.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V, Masrianto mengatakan, kekayaan dan potensi yang besar dari wilayah selatan Jatim mendorong pemerintah untuk menangani dengan serius dan nyata pengembangan wilayah selatan Jatim.

Kekayaan dan potensi yang melimpah tersebut tentu merupakan suatu faktor strategis yang mendorong bagi kemajuan wilayah selatan serta bagi peningakatan kesejahteraan masyarakatnya. Infrastruktur jalan menjadi sesuatu yang terpenting yang harus dibangun sebagai urat nadi dari segala aktifitas pengembangan wilayah selatan Jatim.

Pembangunan JLS merupakan program pengembangan kawasan selatan Jatim sebagai program prioritas yang melintasi delapan kabupaten, meliputi Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

Dalam pembangunannya, sejumlah kendala teknis yang kerap dihadapi pelaksana proyek yakni medan dibeberapa tempat cukup berat, baik berupa pegunungan, jurang, sungai yang lebar dan bentangan alam lainnya.

Dikatakannya, pemotongan tebing-tebing pegunungan, pembukaan hutan dalam rangka menyiapkan badan jalan merupakan kegiatan yang sifatnya mengubah keseimbangan alam. Kegiatan tersebut ternyata sangat berpengaruh terhadap konstruksi struktur yang dibangun, yaitu berupa longsoran, landslide dan sebagainya.

Proyek JLS dimulai sejak tahun 2002. Proyek ini seharusnya sudah tuntas pada 2012, tetapi hingga saat ini pembangunannya tidak sampai 50 persen. Pembiayaan proyek JLS ini melalui sharing antara pemerintah kabupaten, provinsi, dan pemerintah pusat.

Delapan kabupaten yang dilintasi JLS mempunyai tugas melakukan pembebasan lahan, antara lain Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi. Pemprov Jatim bertanggung jawab melakukan pembukaan lahan, fondasi jalan, dan pembangunan jembatan. Terkait pendanaan, estimasi awal biaya pembangunan JLS secara total adalah Rp 3,5 triliun yang kini diperkirakan membengkak menjadi Rp 7,7 triliun. (ang/enny-humas)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s