Mutasi Kombes Pol dan AKBP di Jajaran Polda Jatim

LOGO POLDA JAWA TIMURSurabaya (Sergap) – Pergeseran jabatan di tingkatan perwira menengah (Pamen) setingkat Ajun Komisaris Besar (AKBP) dan Komisaris Besar (Kombes) di jajaran Polri sedang berlangsung, termasuk yang menjabat di jajaran struktural di Polda Jatim.

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri bernomor ST/1727/VIII/2013 tertanggal 30 Agustus 2013, ada 388 Pamen di seluruh Indonesia terkena mutasi, termasuk 24 yang menduduki jabatan strategis di wilayah Jawa Timur.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Surabaya AKBP Sabilul Alif bergeser menjadi Kapolres Bondowoso menggantikan AKBP Bonny Djianto yang berpindah tugas menjadi Wadirreskrimum Polda Jatim. Bonny mengisi jabatan AKBP Prasetijo Utomo yang bergeser menjadi Dosen Akpol Lemdikpol Polri.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Probolinggo Kota AKBP Tulus Ikhlas Pamoji dimutasi sebagai Wadirlantas Polda Jateng. Sedangkan posisinya diisi oleh AKBP Yulia Agustin Selfa Triana yang selama ini menjabat sebagai Kabag Sumda Polrestabes Surabaya.

AKBP Eko Puji Nugroho, mantan Kapolres Mojokerto yang menjadi Pamen di Polda Jatim, bergeser menjadi Kanit III Bagresmob Robinops Bareskrim Polri. Posisinya digantikan oleh AKBP Muji Ediyanto yang sebelumnya menjadi Koorspripim Polda Jatim.

AKBP Ratno Kuncoro, AKBP Eko Puji Nugroho dan AKBP Tulus Ikhlas Pamoji

AKBP Ratno Kuncoro, AKBP Eko Puji Nugroho dan AKBP Tulus Ikhlas Pamoji

Kapolres Kediri Kota AKBP Ratno Kuncoro dimutasi menjadi Kasubbag Prodsus Bagrod Roanalis Baintelkam Polri, digantikan oleh AKBP Budhi Herdi Susianto yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbagmut Jobpamen Bagmut Job Robinkar SSDM Polri.

Kapolres Ngawi AKBP Eddy Djunaedi menjadi Wadirlantas Polda Sumatra Barat. Penggantinya adalah AKBP Valentino Alfa Tatareda yang selama ini sebagai Kasubdit Regident Dirlantas Polda Jatim.

Kapolres Banyuwangi AKBP Nanang Masbudi bergeser jadi Wadirpolair Polda Jatim, digantikan oleh Kapolres Madiun AKBP Yusuf.

Jabatan Kapolres Madiun diisi oleh AKBP Rakhmad Setijadi yang selama ini menjadi Kapolres Bojonegoro. Sedangkan Kapolres Bojonegoro diisi AKBP Ady Wibowo yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Ops Polrestabes Surabaya.

Kasat Brimob Polda Jatim Kombes Pol Mashudi pindah jabatan menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri. Jabatannya diisi oleh Kombes Pol Rudi Kristantyo yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Brimob Polda Jambi.

Wakasat Brimob Polda Jatim AKBP Suhendri berpindah menjadi Kasat Brimob Polda Jambi, digantikan AKBP Selamat Topan, yang sebelumnya Kapolres Ternate.

Kabidkum Polda Jatim Kombes Pol Untung Widyatmoko pindah menjadi Pemeriksa Utama Roprovo Divpropam Polri, digantikan oleh Kombes Pol Hendi Handoko, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Propam Polda Sulawesi Selatan.

Wadirnarkoba Polda Jatim AKBP Samudi, bergeser menjadi Dir Narkoba Polda NTT, digantikan oleh AKBP R Andria Martinus yang selama ini menjabat sebagai Kapolres Bone Polda NTT.

Mutasi di wilayah Polda Jatim termasuk, AKBP Benedictus Aries Purnawan menjadi Kapolres Serdang Begadai Polda Sumatera Utara.

Pergeseran juga dialami oleh Kombes Pol M Nurdjajadi, Kasubditpam VVIP/VIP Dippamobvit Baharkam Polri, yang menjadi Pamen di Polda Jatim.

Dari para Pamen tersebut, beberapa di antaranya “sangat populer” di media massa tahun ini. Mereka adalah AKBP Ratno Kuncoro yang pada awal tahun 1013, secara fenomenal menyidik kasus dugaan korupsi Jembatan Brawijaya Kota Kediri, dengan memeriksa jajaran pejabat-pejabat di Pemkot maupun DPRD Kota Kediri. Saat ini kasus dugaan korupsi ini ditangani Polda Jatim.

AKBP Eko Puji Nugroho, yang dicopot sebagai Kapolres Mojokerto karena dalam kasus Briptu Rani, yang juga menyebabkan Polwan Cantik itu dipecat dari dinas Polri.

AKBP Tulus Ikhlas Pamoji, yang saat bertugas sebagai Kapolresta Probolinggo, sempat mengalami luka di kepala akibat kerusuhan Pilwali Probolinggo, di mana saat ini kasus hukumnya ditangani oleh Polda Jatim. (tkr)

______________________________________________________________________________________________________________

Data Mutasi Kombespol dan AKBP di Jajaran Polri selengkapnya (klik di sini) : ALIH TUGAS DI TUBUH POLRI

Iklan

One thought on “Mutasi Kombes Pol dan AKBP di Jajaran Polda Jatim

  1. Ping-balik: Penyidikan Kasus Jembatan Brawijaya Dikembalikan ke Polresta Kediri? | TABLOID SERGAP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s