Fly Over Peterongan Sudah Bisa Dilintasi Pemudik

Fly over Peterongan mendekati selesai

Fly over Peterongan mendekati selesai

Surabaya (Sergap) – Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V, Kementerian Pekerjaan Umum, memastikan pembangunan tiga jembatan layang (fly over) di Jawa, yaitu Kali Banteng, Jombor dan Peterongan, selesai sebelum lebaran dan bisa dilintasi pemudik. Selama ini kemacetan lalu lintas akibat padatnya kendaraan pada persimpangan kerap menjadi masalah utama pemudik.

Kepala BBPJN V, Kementerian Pekerjaan Umum, Masrianto, Selasa (23/7) mengatakan, ketiga fly over dengan nilai total hampir Rp 309 miliar tersebut ditargetkan dapat digunakan pada arus mudik lebaran tahun ini.

Dikatakannya, untuk fly over Peterongan di Jombang yang pembangunannnya menghabiskan dana sekitar Rp 89 miliar bisa dilewati pada 29 Juli 2013. Secara keseluruhan, jembatan sepanjang 680 meter tersebut akan rampung pembangunannya pada Oktober. “Kami akan buka dua lajur hingga H+10 dan setelah itu pembangunannya kami lanjutkan,” katanya.

Semula pembangunan fly over tersebut sempat terhenti lantaran terhambat izin penggunaan lahan dari PT KAI. Keterlambatan terjadi karena pelaksana proyek tidak bisa memasang steelbox girder untuk menyambung dua sisi jembatan yang meloncati rel KA. Pemasangan itu pihaknya butuh izin dari PT KAI.

Pemasangan steelbox girder hanya bisa dilakukan pada pukul 22.00 sampai 04.00 WIB disaat tidak ada KA lewat. Pada jam-jam itu biasanya memasang beton-beton besar. Tapi begitu saat mau memasang ‘steelbox girder’, mereka diharuskan dapat izin dulu.

Untuk mendapatkan izin rupanya tidak gratis. pelaksana proyek diharuskan bayar Rp 1 juta untuk setiap 60 detik. Untuk nyambung diperkiraan butuh 180 menit, sehingga mereka harus bayar Rp 180 juta.

Pengenaan biaya sebesar itu dilakukan guna mengantisipasi gangguan layanan KA. Karena sebelumnya, PT KAI pernah diklaim penumpang akibat tersendatnya perjalanan lantaran terjadinya gangguan pada saat pemasangan steelbox girder di daerah lain. Namun permasalahan itu kini telah selesai setelah dilakukan sejumlah perundingan dan kini steelbox girder sudah terpasang.

Fly Over Kalibanteng dan Jombor
Meskipun belum rampung secara keseluruhan.jembatan layang Kali Banteng yang terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah saat ini sudah dapat difungsikan, walau dalam rangka ujicoba. Jembatan senilai Rp 105 miliar tersebut menghubungkan dari arah pelabuhan di Semarang dan dari arah kota Semarang menuju ke arah Jakarta. Jembatan dikerjakan melalui kontrak tahun jamak 2011 – 2013.

Fly over Jombor di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga sudah bisa dilalui pemudik. Progres pembangunan flyover tersebut sudah mencapai 80 persen. Dengan panjang 225 meter, jembatan yang dibangun dengan dana sebesar Rp 114,9 miliar tersebut bisa dilalui pada H-10 lebaran.

Kepala Satuan Kerja (Satker) Balai Pelaksanaan Jalan Nasional V Wilayah DIY, Heru Prayogo mengungkapkan ujicoba untuk lalu lintas umum segera dilakukan dalam waktu dekat. Demi aspek keselamatan berkendara, khususnya pada malam hari, Kementerian PU juga menyiapkan penerangan jalan untuk fly over Jombor.

“Semua lalu lintas dari arah barat yaitu Purworejo langsung naik fly over, yang ke arah Magelang langsung belok kiri , yang akan mau ke arah kota Yogja masuk jalan eksisting berputar dibawah masuk ke jalan magelang ke arah selatan. Sedangkan dari arah sebaliknya dari arah Solo yg ke arah Purwerejo naik fly over,” jelas Heru.

Satu jembatan layang lainnya yang siap digunakan untuk mudik kali ini ialah Peterongan di Jombang, Jawa Timur. Jembatan yang dibangun untuk mengurai kemacetan karena konflik lalu lintas kendaraan dengan jalur kereta api tersebut hingga saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 90 persen. (ang)

Berita terkait : –   Waspadai Kemacetan di Peterongan Jombang dan Braan Kertosono

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s