Mantan Ketua DPRD Trenggalek Dituntut 6 Tahun Penjara

Sanimin Akbar Abbas

Sanimin Akbar Abbas

Trenggalek (Sergap) – Mantan Ketua DPRD Sanimin Akbar Abas, terdakwa kasus dugaan pemotongan dana kunjungan kerja (kunker) anggota DPRD Trenggalek dituntut 6 tahun penjara dalam sidang tuntutan yang digelar di Pengadilan Tipikor Surabaya, Selasa (15/07/2013).

Mantan Ketua DPRD Trenggalek ini juga dituntut pidana denda Rp. 200 juta, subside 6 bulan penjara. Demikian dikatakan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Trenggalek Adianto, SH, Mhum melalui Kasi Pidsus I Wayan Sutarjana, SH. ”Pembacaan tuntutan sudah kami laksanakan di Pengadilan Tipikor Surabaya”, kata Wayan menjelaskan.

Ditambahkan oleh Wayan bahwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) menilai Sanimin Akbar Abas secara sah dan meyakinkan sebagai pejabat negara dengan kewenangannya melanggar pasal 12 Huruf e, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. ”Tuntutan yang kami sampaikan sesuai fakta serta bukti. Jadi kami menilai sudah tepat,” kata Wayan menambahkan.

Selanjutnya, Majelis Hakim Tipikor mengagendakan pembacaan pembelaan pada hari Selasa (25/07/2013).

Kasus yang menjerat Sanimin Akbar Abas yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Trenggalek ini bermula ketika muncul kebijakan memotong dana kunker anggota DPRD Trenggalek periode 2009-2014. Kebijakan tersebut dilakukan tanpa ada persetujuan secara resmi kepada seluruh anggota DPRD.

Sanimin Akbar Abas kemudian ditetapkan Kejaksaan Negeri Trenggalek sebagai tersangka bersama Sulistyowati. Dan dengan alasan tidak kooperatif kejaksaan menangkap Sanimin Akbar Abas ketika sedang menghadiri acara partainya di Hotel Sinar Jaya Surabaya.  (yudi)

Berita terkait :   – Ketua DPRD Trenggalek, Ditangkap Dalam Acara Partainya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s