Di Lumajang, 1 Polisi Mengamankan 5.000 Warga

AKBP Singgamata, SIK

AKBP Singgamata, SIK

Lumajang (Sergap) – Perbandingan jumlah polisi di Lumajang saat ini memang masih jauh dari cukup, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Kabupaten Lumajang yang mencapai satu juta lebih. Saat ini jumlah seluruh personil polisi di wilayah hukum Polres Lumajang sebanyak 649 orang. Dari jumlah ini, hanya 200 orang yang siaga.

“Kalau kita hitung-hitung dari jumlah 600 orang polisi yang ada di Lumajang, mungkin hanya 200 orang yang siaga. Karena sebagian sedang lepas dinas karena menggunakan sistem sif kerja atau mereka tidak bisa terjun ke masyarakat karena memiliki tugas lainnya untuk berada dikantor. Maksimum yang siaga hanya sepertiga dari seluruh polisi yang ada, atau hanya sekitar 200 orang,” kata Kapolres Lumajang AKBP Singgamata, dalam acara launching Bersama Perangi Kejahatan untuk Lumajang Aman, Kamis (18/7) malam.

Dengan kesiagaan yang hanya berkisar antara 200 orang pada setiap waktu, maka jumlah personil polisi yang bersiaga berbanding 200 dengan jumlah penduduk 1 juta jiwa, atau satu orang polisi bertugas untuk mengamankan 5 ribu orang. Jumlah ini, menurut Kapolres jauh dari memadai, sehingga diperlukan partisipasi masyarakat dalam bentuk pengamanan dilingkungannya masing-masing.

“Saya analisa kejahatan di Lumajang terjadi ditempat sepi dan saat masyarakat tertidur pulas. Saya kemudian berfikir, kalau saja saat itu ada orang yang masih terjaga untuk menjaga lingkungannya, mungkin kejahatan itu tidak akan terjadi. Inilah kemudian yang menginspirasi saya untuk melibatkan seluruh masyarakat dalam melakukan pencegahan terjadinya tindak kejahatan di Lumajang,” kata Kapolres.

Kapolres juga mengatakan, keamanan di Lumajang bukan untuk siapa-siapa, namun untuk masyarakat Lumajang sendiri. Jika Lumajang aman, maka pembangunan Lumajang akan berjalan dengan lancar dan kemajuan akan dicapai di Lumajang. “Begitu saya sampai di Lumajang, saya jatuh cinta pada Lumajang dan saya bertekad jangan sampai ada satu orangpun mengganggu keamanan Lumajang, mari kita jaga bersama keamanan Lumajang,” kata Kapolres kemudian.

Kapolres juga mengatakan, untuk urusan penegakan hukum memang tugas polisi, namun untuk pencegahan terjadinya gangguan Kamtibmas adalah tugas seluruh masyarakat Lumajang untuk mewujudkannya. Dalam launcing Bersama Ciptakan Lumajang Aman yang berlangsung di Pendopo, Polres Lumajang menggandeng semua pihak yang memiliki potensi untuk membantu terciptanya keamanan di Lumajang. (kho)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s